Rio Negro dan Rio Solimões, Keindahan yang Nyaris Mustahil

Rio Negro dan Rio Solimões, Keindahan yang Nyaris Mustahil

Naviri.Org - Rio Negro adalah sungai dengan air berwarna gelap atau hampir hitam. Sementara Rio Solimões memiliki air berwarna cokelat kekuningan. Dua sungai dengan warna air berbeda itu bertemu di dekat Kota Manaus, Brasil, dan keduanya terus mengalir berdampingan tanpa bercampur.

Dilihat sekilas, pertemuan dua sungai itu nyaris mustahil, dan menjadi salah satu atraksi wisata utama di Manaus, Brasil. Kota itu menyediakan kapal-kapal yang memungkinkan para wisatawan mendatangi tempat pertemuan dua sungai yang memiliki warna berbeda tersebut.

Fenomena menakjubkan pertemuan Sungai Rio Negro dan Rio Solimões disebabkan oleh perbedaan suhu, kecepatan, dan densitas air. Rio Negro mengalir dengan kecepatan hampir 2 kilometer per jam, pada suhu 28 derajat Celcius.

Sedangkan Rio Solimões mengalir antara 4 sampai 6 kilometer per jam, dengan suhu 22 derajat Celcius. Perbedaan itulah yang menjadikan dua sungai tersebut saling bertemu, terus mengalir berdampingan, tapi sama sekali tidak bercampur.

Rio Negro dan Rio Solimões, Keindahan yang Nyaris Mustahil


Related

Traveling 3130990649208601096

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item