Mengenang Tamagotchi, Permainan Populer Era ‘90-an

Mengenang Tamagotchi, Permainan Populer Era ‘90-an

Naviri.Org - Dari waktu ke waktu, selalu muncul permainan yang menjadi sesuatu yang akrab dengan anak-anak dan remaja. Pada era 80-an, misalnya, anak-anak akrab dengan game watch atau yang biasa disebut gimbot. Satu dekade kemudian, pada era 1990-an, salah satu permainan yang sama populer dengan gimbot adalah Tamagotchi.

Tamagotchi adalah konsol permainan, berbentuk seperti telur, yang mudah dibawa dan menyenangkan.

Tamagotchi berasal dari kata tamago, yang berarti telur, dan juga jam tangan. Tamagotchi berisi permainan sederhana berupa binatang virtual, dan pertama kali dirilis pada 23 November 1996, diluncurkan oleh perusahan permainan Jepang bernama Bandai.

Sejak dirilis, Tamagotchi mencapai angka penjualan 40 juta unit. Membeludaknya permainan ini juga membuat Tamagotchi diekspor ke sebanyak 30 negara. Akhirnya, Tamagotchi yang dikeluarkan di pasar pada 2004 ini terjual lebih dari 10 juta, dan diekspor ke 44 negara.

Setahun kemudian, pada 1997, Jepang dilanda booming Tamagotchi, di mana hampir semua orang melakukan permainan ini, utamanya anak-anak, bahkan mereka sampai sibuk mengurusi Tamagotchi perliharaannya. Tidak hanya di Jepang, demam Tamaogotchi juga merembet ke negara-negara Asia, termasuk Indonesia sampai Amerika Serikat.

Cara bermain Tamagotchi cukup sederhana. Permainan ini merupakan game yang mengharuskan pemainnya untuk memelihara hewan/digimon. Objek yang kita pelihara berawal dari sebuah telur, lalu pecah menjadi hewan atau digimon. Setelah menetas, game ini menuntut pemainnya untuk memperhatikan Tamagotchi-nya, seperti memberi makan, mengajak jalan-jalan, mengajak bermain, membersihkan kotoran, dan sebagainya.

Meski sekarang sudah digantikan oleh permainan di gadget atau smartphone, tapi dulu mempunyai Tamagotchi merupakan suatu kebanggaan tersendiri, apalagi bisa memainkannya. Indonesia yang juga kecipratan demam Tamagotchi, dan saat itu Tamagotchi tergolong permainan yang cukup ‘mahal’. Walau begitu, tamagotchi tetap booming dimainkan anak-anak saat itu.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Resolusi Tahun Baru

Related

Lifestyle 6813294883097308618

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item