Asal Usul di Balik Kata “Antifa” dan “Post-truth”

Asal Usul di Balik Kata “Antifa” dan “Post-truth”

Naviri.Org - Setiap tahun, Kamus Oxford (Oxford Dictionary) menyaring banyak kata yang populer dalam satu tahun. Setelah semua kata tersaring, mereka akan memeras semuanya, hingga tersisa 9 kata. Sembilan kata itu lalu akan dipilih satu, yang akan menjadi “kata baru” di Kamus Oxford.

Pada 2017, Kamus Oxford menetapkan “youthquake” sebagai kata terpilih. Sementara beberapa kata lain yang juga populer selama 2017 adalah “antifa” dan “post-truth”.

Apa itu antifa?

Antifa adalah kependekan anti-fasis, sebuah gerakan yang diisi orang-orang bermazhab kiri dan anarkis, untuk memukul balik kebangkitan nasionalis sayap kanan (yang cenderung rasis) di AS hingga Eropa. Mereka sering bersama-sama turun ke jalanan bersama kelompok liberal, untuk menghadang aksi kelompok lawan ideologis, dan kadang berujung bentrok, termasuk dengan pihak kepolisian.

Masih merujuk pada ulasan Kamus Oxford, antifa bermula dari kata “antifaschistisch” yang pada awal PD II merujuk pada lawan Partai Nazi. Kata antifasis dimasukkan ke Kamus Oxford usai perang berakhir.

Saat Jerman masih terpecah di era Perang Dingin, kata antifasis masih populer di Jerman Timur yang masuk blok komunis. Setelah tembok Berlin runtuh, aktivis kiri dan anarkis sedunia masih memakainya dalam aktivisme melawan nasionalis sayap kanan.

Sedangkan “post-truth” adalah keadaan di mana fakta objektif kurang berpengaruh dalam membentuk opini publik, karena kalah oleh emosi dan kepercayaan pribadi.

Fakta objektif bisa disingkirkan jika dinilai akan menurunkan kredibilitas tokoh yang didukung secara politis.

Di masa post-truth inilah politisi kontroversial seperti Donald Trump bisa terpilih, meski ia terang-terangan menyatakan jika pemanasan global adalah 'hoax', sementara hampir seluruh ilmuwan berkata sebaliknya. Orang-orang pun banyak yang membela rezimnya, bukan dengan fakta objektif melainkan emosi dan kepercayaan pribadi.

Baca juga: Kata yang Paling Sering Dicari di KBBI Online

Related

Science 755029332223713073

Recent

item