Dark Universe, dari The Mummy Sampai Frankenstein

Dark Universe, dari The Mummy Sampai Frankenstein

Naviri.Org - Ada banyak makhluk aneh atau bahkan monster yang dilahirkan Hollywood, dan kemungkinan besar kita telah mengenalnya, karena monster-monster itu dikisahkan dalam film-film terkenal. Beberapa yang paling terkenal mungkin The Mummy, Frankenstein, dan Dracula. Monster-monster itu, belakangan, disatukan dalam sebuah wadah yang disebut Dark Universe.

The Mummy merupakan film yang menjadi pijakan awal rumah produksi Universal Pictures dalam meluncurkan Dark Universe. Dark Universe adalah bendera waralaba dengan logo tersendiri untuk setiap film, mirip-mirip Marvel Universe. Film-film reboot Dark Universe akan mencomot monster-monster yang pertama kali muncul di layar lebar pada era 1920-an atau 1930-an, untuk dihadirkan lagi di era modern.

The Mummy muncul kali pertama pada 1932. Pakem ceritanya seputar pendeta masa lampau Mesir yang—secara sengaja atau tidak—dibangkitkan lagi, mengancam umat manusia, dan datang arkeolog yang menyelamatkan situasi dengan balutan heroik. Setelah itu hadir The Mummy's Hand (1940), The Mummy's Tomb (1942), The Mummy's Ghost, The Mummy's Curse (1944), dan Abbot and Costello Meet the Mummy (1955).

Pada 1999 muncul lagi remake The Mummy yang naskahnya ditulis dan disutradarai oleh Stephen Sommers. Ia mengaku terinspirasi dari film 1932. Dua film berikutnya membuat The Mummy menjadi trilogi dan dirilis dalam bentuk DVD. The Mummy Return muncul pada tahun 2001 dengan aktor utama yang sama, sedangkan The Mummy: Tomb of Emperor, pada 2008, disutradarai oleh Rob Cohen dan dibintangi Jet Li.

Buntut dari popularitas trilogi The Mummy dan sebab pendapatan finansial yang didapatkannya cukup laris, maka dibuat pula spin-off-nya. The Mummy Returns Mathayus yang diperankan oleh The Rock dibikinkan sampai empat film dalam rentang 2002-2015.

Studio Dark Universe amat bersemangat dalam mengenalkan rencana pembuatan film-film ke depan. Saking semangatnya, studio tersebut merasa tak perlu untuk menunggu capaian popularitas maupun keuntungan finansial The Mummy terbaru. Baru-baru ini mereka telah resmi memperkenalkan film-film keluaran Dark Universe masa depan, lengkap dengan nama-nama besar yang akan menjadi aktor/aktris.

Film Bride of Frankenstein (2019) akan dibintangi oleh aktor Javier Bardem sebagai monster Frankenstein. Di film itu ia akan ditemani dengan Angelina Jolie. Sementara itu Johny Depp akan berperan sebagai Dr. Griffin di The Invisible. Sutradara The Mummy, Alex Kurtzman, mengatakan sedang menyiapkan Dracula, Creature from the Black Lagoon, Phantom of the Opera, dan Hunchback of Notre Dame.

Baca juga: Perbedaan Sekuel, Prekuel, Remake, hingga Cross-over

Related

Film 7853904352635494784

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item