Seberapa Jauh Perjalanan dari Bumi ke Planet Mars?

Seberapa Jauh Perjalanan dari Bumi ke Planet Mars?

Naviri.Org - Traveling sudah menjadi gaya hidup sebagian orang di masa kini. Meski begitu, traveling yang dilakukan orang zaman sekarang masih sebatas antarkota atau antarnegara. Pergi ke luar negeri, dengan menumpang pesawat, kini telah dilakukan banyak orang. Sejauh apa pun, bepergian menggunakan pesawat bisa dijangkau dalam waktu relatif cepat.

Di masa depan, bisa jadi aktivitas traveling tidak lagi antarkota atau antarnegara, tapi sudah antarplanet atau antargalaksi. Mungkin memang masih jauh untuk sampai pada tahapan semacam itu. Namun, setidaknya, orang di zaman kita sekarang sudah mulai merencanakan pergi ke planet tetangga, yaitu Mars, yang dianggap dapat digunakan untuk hidup manusia.

Jika kita ingin pergi ke Mars, kira-kira butuh berapa hari perjalanan?

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghitung jarak dari Bumi ke Mars. Kedua planet itu selalu bergerak mengelilingi matahari dalam orbitnya masing-masing. Akibatnya, jarak antara Bumi dan Mars pun bervariasi.

Nola Taylor Redd, dalam laporan berjudul "How Long Does It Take to Get Mars?", mengatakan secara teori, jarak terdekat Bumi-Mars sebesar 54,6 juta km, sedangkan jarak terjauh Bumi-Mars sebesar 401 juta km. Jarak rata-rata adalah 225 juta km.

Angka-angka di atas adalah jarak yang diperhitungkan secara teoretik. Adapun rekor jarak terdekat Bumi-Mars yang direkam sejarah terjadi pada 2003, yakni 56 juta km. Kendaraan yang dapat digunakan untuk menempuh perjalanan dari Bumi ke Mars tidak lain adalah pesawat luar angkasa.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) memiliki dua pesawat luar angkasa tercepat, yakni New Horizons dan Juno. Redd menghitung waktu tempuh dengan asumsi kendaraan yang digunakan adalah New Horizons, pesawat luar angkasa untuk mengintai planet Pluto. Pada 2006, tercatat laju tinggal landasnya sebesar 58 ribu km/jam.

Redd mengatakan, jika perjalanan dilakukan New Horizons melalui rute garis lurus, ia akan menempuh jarak rata-rata Bumi-Mars dalam 162 hari. Pada jarak teoretis yang paling dekat, diperlukan waktu tempuh selama 39 hari. Untuk jarak terdekat faktual, perlu 41 hari. Namun, itu perhitungan yang terlalu menyederhanakan masalah.

Peneliti NASA, David P. Stern, dalam "Flight to Mars: How Long? Along what Path?", menyebutkan pesawat rawan ditarik balik gravitasi Bumi. Sedangkan Redd mengatakan perjalanan juga harus memperhitungkan efisiensi bahan bakar.

Oleh karena itu, Stern menyarankan agar mencari rute lain sehingga pesawat luar angkasa diluncurkan dari Bumi melalui lintasan garis elips menuju Mars, dan tiba di orbit planet merah itu bertepatan dengan kedatangan Mars sendiri di lokasi yang sama. Cara seperti itu lazim disebut Hohmann Transfer Orbit. Kata Hohmann merujuk pada ilmuwan Jerman, Wolfgang Hohmann, yang mengusulkan cara itu pertama kali pada 1925.

Dari Bumi ke Mars, sebuah perjalanan lintas-orbit

Secara lebih rinci, Profesor David P. Stern menghitung waktu yang dibutuhkan pesawat luar angka menempuh skema Hohmann Transfer Orbit menggunakan rumusan Hukum Kepler tentang gerak planet di Tata Surya. Menurut perhitungannya, Mars dapat dicapai dengan waktu 0,709 tahun atau 8,5 bulan.

Waktu berangkatnya pun tak bisa sembarangan. Menurut perhitungan yang dilakukan Stern, dengan mengasumsikan orbit Bumi dan Mars berbentuk lingkaran, keberangkatan menuju planet merah seharusnya dilakukan saat sudut antara posisi Mars yang dituju dan posisi Mars saat peluncuran sebesar 135,555°.

Meski terdengar rumit, misi ke Mars sudah berkali-kali dilakukan. Bahkan, perjalanan komersial ke planet merah pun sudah dibuka. Melalui pesawat luar angkasa yang dibuat SpaceX, inovator sekaligus pebisnis asal Amerika Serikat (AS), Elon Musk, berencana mengirim manusia pertama ke Mars pada 2025.

Setiap pesawat SpaceX didesain untuk menampung 100 penumpang dalam perjalanan ke Mars, yang direncanakan bisa berangkat setiap 26 bulan—menunggu saat Bumi dan Mars berada pada posisi yang tepat untuk berangkat.

Tiket setiap penumpang dibanderol dengan harga mencapai 500 ribu dollar AS. Phys.org mencatat, Musk mengatakan sistem transportasi luar angkasanya tersebut mampu membawa penumpang SpaceX dari Bumi ke Mars dalam waktu 80 hari, pada awal tahap pengembangannya. Musk bahkan bertekad mempersingkat waktu tempuhnya menjadi 30 hari saja.

Baca juga: Bisakah Kita Hidup dan Menetap di Planet Mars?

Related

Science 5323809875818705822

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item