Mewaspadai Bahaya Kesehatan di Balik Kopi Sachet

Mewaspadai Bahaya Kesehatan di Balik Kopi Sachet

Naviri.Org - Banyak orang yang menyukai kopi, bahkan minuman itu kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Karenanya, saat ini ada banyak kedai kopi yang dibangun dengan ruangan unik, yang menarik pengunjung untuk ngopi. Selain bisa menikmati kopi di kedai khusus kopi, kita juga bisa menikmati kopi yang dibuat sendiri di rumah. Kalau tidak ingin repot, kita bahkan bisa memanfaatkan kopi sachet yang banyak tersedia di pasaran. Tinggal seduh di gelas, kopi yang enak pun siap dinikmati.

Kenyataannya, kopi sachet juga telah sangat populer, dan dikonsumsi banyak orang. Di mana pun, dari warung sampai swalayan, tersedia kopi sachet berbagai merek dan aneka rasa. Meski enak dan praktis, namun sebaiknya kita juga mewaspadai bahaya yang bisa ditimbulkan dari kopi sachet.

Mulyani Anny Suryani Gultom SsPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospital, mengatakan, "Kopi sachet itu kan banyak beredar di pasaran. Itu mengandung satu sendok makan gula pasir. Jadi kalau minum dua-tiga kali sehari, bisa dibayangkan berapa banyak konsumsi gulanya.”

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam sehari tubuh kita hanya boleh mengonsumsi gula sekitar dua sendok makan. Padahal, dalam sehari seseorang tak hanya mengonsumsi kopi melainkan juga makanan lainnya. Terlebih saat ngopi di kedai kopi, biasanya orang-orang juga akan membeli cemilan kue.

Dengan demikian, Mulyani menegaskan perlunya pembatasan minum kopi "sachet" tak lebih dari dua bungkus per hari. "Jadi harus kita batasi. Kecuali kita menggunakan pemanis buatan yang rendah kalori," tuturnya.

Baca juga: Manfaat Kesehatan di Balik Kopi Hitam

Related

Health 4137066449937952218

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item