Manusia Setengah Robot Telah Lahir ke Dunia

Manusia Setengah Robot Telah Lahir ke Dunia

Naviri.Org - Dalam film-film fiksi ilmiah, kita sering menyaksikan sosok-sosok manusia setengah robot, yaitu manusia yang di dalam tubuhnya terdapat perangkat atau teknologi robot. Selama ini, kita mungkin mengira manusia setengah robot semacam itu hanya ada di film atau dunia fiksi. Namun, kini, manusia setengah robot sudah ada di dunia. Seperti yang telah diduga, kemunculannya menyita perhatian publik.

Manusia setengah robot itu bernama Neil Harbisson. Ia menjadi manusia pertama di dunia yang telah mengimplankan sejumlah komponen ke dalam tubuhnya. Komponen yang dimaksud adalah sebuah antena yang ia implan di atas kepalanya.

Pria asal Inggtris ini bahkan mengklaim dirinya sebagai 'Cyborg', alias manusia setengah robot. Cyborg merupakan singkatan dari "Cybernetic Organism", di mana seorang manusia memiliki bagian tubuh organik dan biomekatronik.

"Antena ini bukan sembarangan. Saya memilikinya, ini adalah bagian organ dari tubuh saya," kata Harbisson, seperti dikutip Daily Star. Yang cukup mengejutkan, Harbisson mengungkap antena itu telah diimplan ke dalam kepalanya sejak 2004.

Ia mengaku, sensor yang menggantung di antena tersebut bisa menerjemahkan gelombang cahaya menjadi getaran, yang bisa dipelajari untuk memecahkan kode.

"Antena ini membantu saya untuk mempelajari realitas di luar spektrum visual. Dengan begitu, saya juga bisa merasakan sinar inframerah dan ultraviolet. Saya juga punya koneksi internet di kepala saya. Jadi, saya bisa saja langsung terhubung ke satelit untuk bisa berkirim data dari atau ke luar angkasa," jelasnya.

Harbisson, yang juga pendiri komunitas Cyborg Society and Transpecies Society, ini yakin, ke depan semakin banyak manusia setengah robot yang akan diciptakan di Bumi.

"Di masa depan, bukan tidak mungkin akan lebih banyak manusia dengan bagian robotik yang tertanam di dalam tubuhnya. Pemerintah harus bersiap dengan perubahan ini," jelas Harbisson.


Related

Technology 1822546284289219503

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item