Melihat Jeroan dan Spesifikasi Lengkap Nokia 8

Melihat Jeroan dan Spesifikasi Lengkap Nokia 8

Naviri.Org - Nokia telah bangkit dari tidur panjangnya. Setelah lama tidak terdengar kabarnya, Nokia mulai muncul sekian waktu lalu, dengan merilis beberapa ponsel baru. Meski gaungnya belum nyaring terdengar, namun setidaknya kehadiran ponsel-ponsel baru besutan Nokia telah menunjukkan bahwa Nokia hanya mati suri, dan kini mulai bangkit lagi. Ponsel terbaru yang kini dirilis Nokia adalah ponsel untuk kelas atas, Nokia 8.

Secara internasional, Nokia 8 dirilis pada September 2017. Ponsel ini hadir dengan mengusung system-on-chip Snapdragon 835. Shanedy Ong, Country Manager Qualcomm Indonesia, menyatakan bahwa Snapdragon berseri itu masuk dalam katagori premium. Ong menyebut bahwa Snapdragon 835 merupakan prosesor pertama yang mengusung teknologi 10nm “akan sangat lebih efisien dan performa sangat tinggi.”

Selain Snapdragon 835, jeroan Nokia 8 lainnya ialah RAM berkapasitas 6GB, memori internal sebesar 64GB dengan dukungan MicroSD hingga 256GB, serta baterai sebesar 3.090mAh. Yang unik, smartphone dengan ukuran layar 5,3 inci ini, mengusung lensa besutan Zeiss pada sistem dual camera. Zeiss merupakan sahabat lawas Nokia untuk urusan lensa. Salah satu kesuksesan mereka ialah ketika merilis Nokia N95 di tahun 2007 silam.

Dari sisi sistem operasi, Nokia 8 mengusung Android yang “pure, secure, dan up-to-date” yang diklaim bisa menghilangkan segala aplikasi mengganggu alias bloatware, serta dijanjikan dapat memperoleh update Android Oreo.

Nokia 8 menyandang gelar flagship dari Nokia, yang artinya sebagai produk premium dari berbagai produknya. Ini artinya, smartphone tersebut masuk ke barisan yang diisi oleh Samsung Galaxy S8, LG V30, hingga iPhone X. Namun, jika tiga nama smartphone flagship yang disebut berharga di kisaran Rp10 juta, Nokia 8 dibanderol Rp6.499.000.

“Sebagai merek dan sebagai perusahaan, kami ingin menghadirkan ponsel berpengalaman flagship, dengan spesifikasi flagship, tapi harus berbeda. Kami harus melakukan disrupsi. Persepsi flagship berharga Rp9-10 juta. Kami ingin menghancurkan itu,” ucap Trundle.

Selain soal harga, yang menarik dari Nokia 8 adalah klaim slogan “our most powerful smartphone”. Seberapa "kuat" Nokia 8 dibandingkan flagship lainnya?

Nokia 8 mengusung Snapdragon 835 sebagai otak ponsel pintar mereka. Namun, Snapdragon 835 tak hanya disematkan pada Nokia 8, beberapa flagship lainnya seperti LG V30 juga memakainya. Bila hanya mengukur kekuatan dengan prosesor atau system-on-chip, Nokia 8 dan LG V30 harusnya memiliki nilai kekuatan yang sama.

Namun, mengutip Kimovil, layanan informasi dan pembanding smartphone, nilai Antutu, aplikasi yang digunakan untuk mengukur kekuatan komputer maupun smartphone, Nokia 8 lebih unggul dibandingkan LG V30. Skor Antutu Nokia 8 mencapai 181.000, sementara LG V30 berada di angka 160.289.

Merujuk sumber yang sama, Nokia 8 tak hanya unggul pada LG V8, yang kebetulan menggunakan otak yang sama. Samsung Galaxy S8, yang mengusung Exynos 8, juga masih di bawah Nokia 8. Skor Antutu flagship Samsung itu berada di angka 174.150.

Perbandingan yang mencolok antara Samsung Galaxy S8 atas Nokia 8 tak terlalu mengherankan. S8 diperkenalkan Samsung pada Maret 2017 atau lahir lebih awal 6 bulan dibandingkan Nokia 8. Artinya, Nokia 8 hanya unggul melawan flagship lawas. Selain itu, kabar menyebut bahwa pada Maret 2018 Samsung akan merilis flagship lanjutan dengan nama Galaxy S8.

Sayangnya, meskipun unggul dalam hal "kekuatan" dari dua flagship berbasis Android dari LG dan Samsung, Nokia 8 tak berkutik melawan iPhone X dari Apple. Dari sumber yang sama, skor Antutu iPhone X berada di angka 226.058. Alias unggul telak melawan smartphone Android apapun.

Baca juga: Nokia 8 dan Bangkitnya Nokia dari Tidur Panjang

Related

Smartphone 5396967317499579884

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item