Uji Kecerdasanmu dengan Test IQ Paling Singkat di Dunia

Uji Kecerdasanmu dengan Test IQ Paling Singkat di Dunia

Naviri.Org - Salah satu tes terkenal di dunia adalah tes IQ, karena tes tersebut kerap digunakan untuk berbagai keperluan. Di sekolah, di kampus, di tempat kerja, atau di tempat lain, kita kadang disodori tes IQ dan diminta untuk mengerjakannya. Biasanya, tes IQ yang kita hadapi berupa rangkaian pertanyaan yang jumlahnya cukup banyak. Selain banyak, kita juga sering mendapati tes IQ membingungkan karena jawabannya tampak sulit dipastikan.

Kenyataannya, tes IQ memang lebih ditujukan untuk mengukur seberapa kemampuan kita dalam menghadapi masalah. Semakin banyak yang bisa kita kerjakan, dan semakin cepat waktu yang kita butuhkan untuk mengerjakan tes tersebut, artinya semakin tinggi pula IQ yang kita miliki. Tentu dengan catatan kalau jawaban kita benar atau sesuai.

Kini, ada tes IQ model baru yang jauh lebih singkat dibanding tes IQ yang kita kenal selama ini. Tes IQ ini bahkan disebut sebagai tes IQ paling singkat di dunia, karena hanya memiliki tiga soal.

Test IQ ini didesain oleh seorang psikolog bernama Shane Frederick, pada tahun 2005. Metode ini bernama Cognitive Reflection Test (CRT). Berbeda dengan test IQ biasa, tes ini cuma terdiri dari 3 pertanyaan. Walaupun cuma 3 soal, konon cuma 17% dari 3.428 yang berhasil menjawab soal ini, padahal respondennya adalah mahasiswa dari kampus-kampus top di dunia, seperti Harvard, MIT, Yale dan lain-lain.

Ingin menguji kecerdasanmu? Caranya mudah. Perhatikan tiga pertanyaan di bawah ini, dan cobalah pikirkan jawabannya. (Di bagian bawah dilengkapi jawaban untuk melihat apakah jawabanmu benar).

1. Bat dan bola kasti

Sebuah bat (tongkat pemukul) dan sebuah bola kasti, total berharga $1,1. Harga bat tersebut $1 lebih mahal dari harga bola kasti. Berapakah harga bola kastinya?

2. Mesin pembuat alat

Jika untuk membuat 5 alat dibutuhkan 5 mesin selama 5 menit, berapa menit yang dibutuhkan untuk membuat 100 alat dengan 100 mesin?

3. Bunga lily di danau

Terdapat sebuah bunga lili di danau, setiap hari ukuran bunga tersebut bertambah dua kali lipat. Jika dibutuhkan waktu 48 hari bagi bunga lili untuk menutupi seluruh danau, berapa hari yang dibutuhkan bunga lili tersebut untuk menutupi setengah danau?

Jika sudah menemukan jawaban untuk tiga soal di atas, coba lihat jawaban berikut ini, apakah jawabanmu benar atau tidak.

Jawaban: 

1. Bat dan bola kasti

Jawaban yang benar, harga bola $0,05 dan harga bat adalah $1,05. Mungkin ada yang menjawab $0,1. Kalau ada, berarti kurang sabar, menurut studi.

2. Mesin pembuat alat

Jawaban yang benar adalah 5 menit. Dari pertanyaan, kita ketahui bahwa 1 mesin dapat menghasilkan 1 alat selama 5 menit. Jadi, kalau ada 100 alat untuk membuat 100 mesin, waktunya tetap sama 5 menit.

3. Bunga lili di danau

Jawaban yang benar adalah 47 hari. Seperti diketahui, ukuran bunga naik 2 kali lipat setiap hari. Jadi, kalau di hari ke-48 ukuran lili menutup satu danau penuh, maka sehari sebelumnya (hari 47) ukuran lili menutup setengah danau.

Baca juga: Starman, Tesla Roadster, dan Kehebohan yang Ditimbulkan

Related

Insight 3924495606838570875

Recent

item