Sejarah dan Asal Usul Kimchi, Makanan Khas Korea

Sejarah dan Asal Usul Kimchi, Makanan Khas Korea

Naviri.Org - Setiap negara memiliki makanan khas yang biasanya terkenal di dunia. Dalam hal ini, Korea punya makanan khas bernama kimchi. Kimchi tidak hanya terkenal di Korea, tapi juga di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Sebegitu populer, sampai Korea merayakan 22 November sebagai Kimchi Day atau Hari Kimchi. Berdasarkan kepercayaan lokal Korea, kimchi yang dimasak pada tanggal tersebut akan memiliki rasa yang lebih lezat.

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah.

Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan, sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi, yang dibuat dari sawi putih dan lobak dicampur bawang putih, daun bawang, cumi-cumi, tiram atau makanan laut lain, jahe, garam, dan gula.

Kimchi pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600-3.000 tahun yang lalu, dan pada abad ke-18 pertama kali dibuat dengan cabai. Karena berbagai resep daerah, ada ratusan jenis kimchi yang berbeda. Banyak rumah tangga di Korea bahkan memiliki tempat kimchi terpisah.

Hidangan ini diproduksi dalam jumlah besar, terutama pada bulan November dan Desember. Inilah saat kimjang (tradisi membuat kimchi) berlangsung dalam persiapan musim dingin. Selama kimjang, kubis diawetkan dengan memotongnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, merendamnya dalam air garam dalam semalam.

Kemudian, yangnyum (lobak dilapisi bubuk cabai) dicampur dengan bahan seperti bawang hijau, daun sawi, jahe, bawang putih, dan udang fermentasi atau ikan teri. Untuk melengkapi prosesnya, kubis acar itu diisi atau dicampur dengan yangnyum dan disimpan untuk difermentasi sampai makan.

Selama waktu ini, anggota keluarga dan tetangga saling berkumpul di dapur masing-masing untuk memasak bersama, dan berbagi cerita dan resep.

Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Roti di Dunia

Related

Food 6279207599097091733

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item