Cara Melaporkan Penipuan Online dan Penipuan Lewat SMS

Cara Melaporkan Penipuan Online dan Penipuan Lewat SMS

Naviri.Org - Penipuan online dan penipuan lewat telepon tampaknya sudah menjadi hal klise, karena sering terjadi dan menimpa banyak orang. Sebagian orang sadar ketika mendapati penipuan semacam itu, dan waspada sehingga tidak tertipu. Namun, sebagian lain tidak menyadari adanya penipuan, dan mereka pun lalu tertipu.

Keberadaan para penipu yang memanfaatkan internet atau ponsel itu pun meresahkan, apalagi bisa dibilang penipuan semacam itu tidak juga berhenti. Bagaimana cara melaporkan penipuan lewat online atau SMS/telepon?

Jika Anda mengalami penipuan terkait transaksi online, Anda bisa mengirim kronologi peristiwa dan nomor rekening si penipu ke email: cybercrime@pol­ri.go.id. POLRI akan bertindak dengan memblokir ATM si penipu dan melacak keberadaannya untuk ditindak sesuai hukum.

Cara memblokir nomor ponsel penipu

Bisa jadi, Anda kadang atau bahkan sering menerima SMS yang berisi penipuan, semisal menawarkan hadiah yang ujung-ujungnya meminta Anda mentransfer uang. Atau, Anda menerima telepon dari seseorang yang tidak dikenal, yang mengabari atau menawarkan sesuatu, yang ujungnya juga penipuan.

Untuk melaporkan para penipu semacam itu, Anda bisa menggunakan layanan operator ponsel yang Anda gunakan. Tujuannya agar nomor-nomor telepon yang digunakan untuk menipu itu diblokir oleh operator. Berikut ini caranya.

TELKOMSEL

Kirim SMS dengan format: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan, dan kirim ke 1166

Contoh: Penipuan#081212 3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin… dst, lalu kirim ke 1166

XL

Kirim SMS dengan format: Lapor#nomor yang di gunakan untuk menipu#kasus yang dikeluhkan, lalu kirim ke 588

INDOSAT

Kirim SMS dengan format: SMS (spasi) nomor pengirim SMS penipuan (spasi) isi SMS penipuan, kirim ke 726

Jika sudah lebih dari 2 orang yang melaporkan suatu nomor melalui SMS penipuan, maka nomor yang dilaporkan akan segera diblokir oleh operator secara permanen, sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Semua layanan pemblokiran nomor tersebut gratis, alias tidak dikenai biaya.

Baca juga: Waspadai Penipuan Bermodus Rasa Iba dan Kasihan

Related

Smartphone 6246750468135777871

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item