Catch Me If You Can, Film tentang Penipu Legendaris

Catch Me If You Can, Film tentang Penipu Legendaris

Naviri.Org - Film bisa dibuat berdasarkan kisah rekaan atau fiksi, bisa pula diangkat dari kisah nyata. Ada banyak film yang berangkat dari kisah nyata, bisa berupa peristiwa, atau tokoh yang menarik. Catch Me If You Can adalah salah satunya. Jika umumnya film mengangkat tokoh nyata yang baik atau menginspirasi kebaikan, Catch Me If You Can mengangkat tokoh yang namanya identik sebagai penipu ulung.

Catch Me If You Can mengisahkan seorang pria bernama Frank William Abagnale Jr, yang diketahui telah melakukan serangkaian penipuan yang sangat mencengangkan. Film yang dirilis pada 2002 ini dibintangi oleh Leonardo Di Caprio, dan sejak itu Catch Me If You Can terkenal sebagai film tentang sosok penipu. Karenanya, hampir setiap kali terjadi kasus penipuan, orang kadang menyebut judul film ini.

Berikut ulasan terkait kebohongan Frank Abagnale Jr, yang diceritakan dalam film legendaris itu:

Ahli memalsukan dokumen 

Frank terbukti memalsukan cek senilai 2,5 juta dolar di 26 negara selama 5 tahun. Ia belajar memalsukan cek dengan melihat proses pencairan cek di bank. Hasil pemalsuan tersebut ia lakukan untuk menopang gaya hidupnya yang mewah.

Frank juga pernah memalsukan ijazah hukum dari Harvard University untuk dapat bekerja di sebuah kantor pengacara.

Memalsukan identitas 

Frank William Abagnale Jr tercatat pernah memalsukan identitasnya berulang kali untuk mendapatkan banyak uang. Frank pernah bertransformasi menjadi pilot di Pan American World Airways. Saat menjadi pilot, ia berhasil terbang ke 26 negara dengan total penerbangan sebanyak 250 kali.

Saat identitasnya hendak terbongkar, Frank kemudian menyamar menjadi dokter pengawas anak, dengan menyamarkan identitasnya menjadi Frank Connor.

Frank juga pernah menyamar menjadi seorang pengacara di sebuah kantor pengacara di Lousiana. Faktanya, Frank tidak pernah memiliki sertifikasi legal untuk menjadi pengacara. Ia memalsukan ijazah hukum dari Harvard University.

Memalsukan dokumen pada usia muda

Frank memulai memalsukan cek di usia 16 tahun. Pemalsuan itu ia lakukan setelah kedua orang tuanya bercerai akibat tak stabilnya kondisi ekonomi rumah tangga. Kebohongan ini dilakukan Frank hingga umur 21 tahun.

Memiliki ketenangan luar biasa

Dalam melancarkan serangkaian aksi kebohongan, Frank memiliki sebuah keahlian ampuh, yaitu ketenangan. Frank bisa mengondisikan kebohongannya serapi mungkin.

Dalam satu adegan, Frank tampak luwes memerankan diri sebagai guru bahasa Prancis di sebuah SMA. Padahal saat itu masihlah seorang anak SMA juga. Frank menyamar untuk membalas dendam pada seorang murid yang telah menabraknya sebelum masuk kelas.

Frank juga sangat tenang saat menjadi guru bahasa Prancis. Bahkan ia sempat memberikan PR pada semua anak yang sebenarnya adalah calon temannya. Frank dengan pintarnya juga sempat mengumpulkan orang tua murid untuk membahas karya wisata.

Dari penipu menjadi guru

Saat menyamar menjadi pilot di Pan American World Airways, Frank berhasil memalsukan cek penerbangan yang biasa dilakukan oleh para pilot. Merasa ada yang tidak beres, Pan American World Airways kemudian meminta FBI menyelidiki Frank.

Frank kemudian terus berbohong untuk menyelamatkan diri. Dia kemudian menjadi buronan di berbagai negara. Tercatat Frank pernah dipenjara di Prancis dan Swedia. Dia kemudian dibawa FBI dan dijebloskan ke penjara di Amerika Serikat.

Sudah cukup mengenal Frank William Abagnale Jr? Apakah hidupnya berakhir di penjara?

Fakta menarik hadir dalam kehidupan nyata seorang Frank William Abagnale Jr. Setelah bebas dari hukuman 12 tahun penjara, ia membangun Abagnale & Associates yang bergerak dalam bidang keamanan dokumen.

Lebih menarik lagi, Frank mengajar FBI untuk bidang keamanan uang, karena keahliannya dalam mengidentifikasi keaslian cek. Tercatat kurang lebih 14.000 institusi mengadopsi program pencegahan pemalsuan cek yang dirancang oleh Abagnale.


Related

Film 6544592310848141306

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item