5 Fakta Google Adsense untuk Blogger dan Youtuber Baru

5 Fakta Google Adsense untuk Blogger dan Youtuber Baru
Naviri.Org - Salah satu alasan mengapa banyak orang membuat blog atau aktif memproduksi video di YouTube, karena blog serta video itu berpotensi menghasilkan uang melalui Google Adsense.

Google Adsense adalah media periklanan milik Google yang memberi kesempatan bagi para blogger dan YouTuber yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari konten-konten yang dibuat. Di blog, Google Adsense berbentuk iklan banner atau teks yang dipasang di blog, sementara di YouTube berupa iklan banner yang muncul di video, saat video diputar atau ditonton.

Banyak orang yang telah menghasilkan pendapatan besar dari Google Adsense, sehingga memicu banyak orang lain untuk ikut mendapatkan penghasilan serupa. Namun, tentu saja, mendapatkan penghasilan dari Google Adsense bukan hal mudah. Untuk para blogger dan YouTuber baru, berikut ini lima fakta Google Adsense yang perlu diketahui.

1. Butuh kesabaran tinggi

Beberapa dari Anda mungkin menanggap kalau menjadi Youtuber atau pun Blogger sangatlah mudah. Penghasilannya pun bisa didapatkan dengan sangat cepat dan banyak. Semua itu mitos belaka. Setiap hasil tentu membutuhkan usaha atau kerja keras. Begitu pula pada sistem kerja Google Adsense.

Blogger yang ingin meraup penghasilan tinggi dan cepat harus bersabar dalam memanajemen website-nya, update artikel teratur, atau mempromosikannya dengan media periklanan.

Sama dengan Youtuber! Penghasilan dari Adsense dihitung dari jumlah pengunjung atau viewer. Jadi, untuk bisa meraup penghasilan tinggi dari Google Adsense, Anda harus sabar menunggu datangnya pengunjung yang banyak.

2. Memakai mata uang rupiah

Untuk para pengguna Google Adsense, di awal-awal memang dibayar pakai mata uang dollar Amerika Serikat. Dan itulah yang membuat kemunculan website-website dan blogger semakin banyak. Jika jumlah saldo di Google Adsense sudah mencapai $100, maka Google pun akan mengirimkan pembayaran via cek ke alamat rumah Anda, atau Anda bisa langsung mengambilnya melalui Western Union.

Namun, saat ini Google memberi pilihan untuk para blogger atau pun Youtuber tanah air dengan bayaran mata uang rupiah, dan juga bisa langsung ditransfer ke rekening bank lokal Anda.

3. Media periklanan paling populer

Google Adsense sebenarnya mendapatkan keuntungan dari para pengiklan di layanan lain, yang bernama Google Adwords. Jadi, kalau Anda bertanya-tanya bagaimana Google bisa menggaji pegawai internalnya atau menggaji para Blogger dan Youtuber yang sangat banyak, maka kita akan mengacu pada Google Adwords.

Google Adwords itulah wadah media periklanan para produsen untuk mempromosikan produk, yang selanjutnya akan diteruskan kepada para Blogger dan Youtuber untuk diiklankan di situs atau channel video Youtube.

4. Membayar tepat waktu

Google merupakan perusahaan teknologi raksasa, yang tentu memiliki tingkat kredibilitas tinggi terhadap pekerjanya, termasuk pada para publisher di Google Adsense.

Jadi, Anda tidak perlu takut nantinya telat membayar cicilan, karena Google Adsense selalu membayar tepat waktu. Hanya saja, saldo Anda harus sudah mencapai $100 atau setara dengan Rp.1,3 jutaan dulu.

5. Gampang kena banned

Pengalaman bermain Google Adsense yang paling pahit adalah akun terkena banned. Google memang memiliki persyaratan tersendiri untuk bisa menampilkan iklannya di situs atau pun channel Youtube.

Kalau persyaratan tersebut dilanggar, Google Adsense bisa langsung melakukan pemutusan kerjasama secara sepihak, dan sangat sulit untuk bisa mendapatkan toleransi.

Baca juga: 5 Jenis Artikel yang Paling Disukai Pembaca

Related

Internet 7466809502460223658

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item