5 Skandal Artis Korea Selatan yang Menghebohkan

 5 Skandal Artis Korea Selatan yang Menghebohkan

Naviri.Org - Awal 2018, dunia hiburan Korea Selatan dihebohkan oleh sederet skandal. Selama Februari 2018, satu demi satu skandal terkuak, dan menyeret nama-nama tenar di industri hiburan Korea Selatan. Dari skandal kedekatan antar artis, sampai skandal pelecehan seksual.

Rangkaian skandal yang terkuak itu seperti membuka mata banyak orang bahwa dunia selebritas Korea Selatan tidak seindah dan segemerlap kelihatannya. Di balik hal-hal glamor, juga tersimpan kenyataan-kenyataan yang mengejutkan. Berikut ini adalah lima skandal terkait artis dan dunia hiburan Korea Selatan yang menghebohkan di awal 2018.

Kang Daniel dan Yook Ji-dam

Pada Rabu (14/2) pagi, netizen heboh membicarakan postingan Instagram Yook Ji-dam. Dalam postingan tersebut, sang rapper secara tak langsung mengindikasikan bahwa ia pernah ada kedekatan dengan anggota grup Wanna One, Kang Daniel.

Hal ini berawal saat Ji-dam membuat postingan yang berisi teguran terhadap seorang penulis fanfic atau fiksi karangan fans mengenai Kang Daniel.

Sambil memposting screen capture berisi judul fanfic tersebut, ia mengatakan bahwa fanfic itu menceritakan kisahnya dengan Kang Daniel. Ia bahkan menuduh sang penulis fanfic sebagai stalker, karena mengetahui cerita mereka berdua.

Tindakan ini pun menuai kritikan dari fans Kang Daniel. Namun, Yook Ji-dam malah meminta supaya "orang yang tidak tahu apa-apa diam saja".

Tidak berhenti di situ, situasi jadi semakin panas saat Kasper, rapper yang mengaku sebagai teman Yook Ji-dam dan Kang Daniel, memberikan testimoni mengenai kejadian itu. Ia mengatakan bahwa ia merasa bertanggung jawab sebagai orang yang mengenalkan kedua insan itu.

Menurut Kasper, Kang Daniel dan Yook Ji-dam memang sempat dekat sebelum pria asal Busan itu ikut dalam ajang pencarian bakat 'Produce 101 Season 2'. Namun, ia menekankan bahwa saat ini sudah tidak ada apa-apa lagi di antara mereka.

Menanggapi situasi ini, agensi yang menaungi Wanna One, YMC Entertainment, mengatakan bahwa Ji-dam dan Daniel hanyalah teman dekat. Mereka juga mengatakan akan menindak tegas rumor dan informasi miring terkait hal ini.

Milo 'Romeo' mengajak fans berkencan 

Anggota boyband 'Romeo', Milo, disebut berhubungan dengan seorang penggemar Jepang dengan cara yang tidak pantas.

Kontroversi soal kasus Milo bermula saat screen shot percakapan pria yang diduga Milo dengan seorang fans Jepang menyebar di media sosial. Dalam pesan tersebut, orang yang diyakini sebagai Milo mengajak sang penggemar untuk bermalam bersama di sebuah hotel, jika sang idola berkunjung ke Jepang.

Dilansir Soompi, berbagai media Korea Selatan mengatakan bahwa penggemar yang terlibat dalam kasus ini adalah seseorang yang belum berusia dewasa.

Agensi yang menaungi Romeo, CT Entertainment, meminta maaf atas hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa apa yang dilakukan idola kelahiran 1996 itu tidaklah dewasa, dan ia akan melakukan instropeksi diri selama beberapa waktu.

Menanggapi hal ini, ada berbagai reaksi dari fans. Ada di antara mereka yang tak bisa menutupi kekecewaannya, seperti para fansite atau fans yang mendedikasikan diri untuk mengikuti, memotret, serta mendukung Milo. Banyak di antaranya yang memutuskan untuk menutup situs mereka.

Sementara itu, tak sedikit pula fans yang justru mengatakan bahwa mereka tidak akan berhenti mendukung Milo.

Jo Min-ki melakukan pelecehan seksual

Pada Selasa (20/2) pagi, seorang anggota komunitas online membuat postingan yang menuduh bahwa aktor senior Jo Min-ki telah melecehkan seorang mahasiswi selama beberapa tahun, saat ia bekerja sebagai profesor di Universitas Cheongju.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Jo Min-ki memang bersalah dan ia pun dicopot dari jabatannya sebagai profesor. Seorang perwakilan dari Universitas Cheongju mengatakan, investigasi mengenai kasus ini telah dimulai sejak November lalu, setelah beberapa murid melaporkan mengenai tindakan sang profesor.

"Kasus ini diproses oleh komisi disipliner Kementerian Kesetaraan Gender. Kami hanya mengikuti prosedur mereka dalam memberikan penalti, tapi Jo Min-ki menyanggah klaim ini dan berkeras mengatakan bahwa ia merasa dirugikan," sebut narasumber itu, seperti dikutip dari Soompi.

Perwakilan dari Will Entertainment mengatakan bahwa tuduhan ini sama sekali tidak ada benarnya, serta bahwa sang aktor mengundurkan diri, bukan dipecat. Menurut mereka, sang pemeran drama 'Scarlet Heart: Goryeo' itu awalnya berniat untuk mengambil tindakan hukum demi membuktikan bahwa ia tidak bersalah, namun tidak melaksanakannya demi melindungi keluarganya.

Meski demikian, pada Rabu (21/2), aktris teater, Song Ha-neul, membuat testimoni yang menyanggah pendapat Will Entertainment. Melalui Facebook-nya, ia membeberkan pelecehan seksual yang dilakukan oleh sang aktor kepadanya, dengan harapan masyarakat tidak menyalahkan korban dan agar pelaku tidak dilindungi.

Testimoni ini pun memicu kemarahan publik Korea Selatan terhadap Jo Min-ki. Sebagai akibatnya, sang aktor mundur dari produksi drama yang seharusnya diikutinya, 'Children of the Small God'.

Kemudian, pada Senin (26/2), Will Entertainment memutus kontrak dengan sang aktor. Pihak kepolisian juga mengumumkan bahwa sudah ada lebih dari lima orang pelajar yang mengaku pernah dilecehkan oleh sang artis. Mereka juga mengatakan bahwa Jo Min-ki akan dipanggil untuk investigasi sekitar April mendatang.

Aktor Yoon Kyun-sang dan kucingnya

Tak cuma skandal yang merugikan orang lain, tindakan yang berawal dari niat baik pun bisa berujung kontroversi. Contohnya, dalam kasus aktor Yoon Kyun-sang dan kucingnya.

Kontroversi yang melibatkan Yoon Kyun-sang bermula saat sang aktor membagikan foto peliharaan terbarunya, seekor kucing bernama Somyi, pada Rabu (21/2). Dalam sebuah postingan di Instagram, aktor yang pernah membintangi drama 'Pinocchio' itu menjelaskan bahwa ia baru saja membeli Somyi, seekor kucing berjenis Scottish Kilt.

Ia mendeskripsikan tipe kucing ini sebagai "jenis bermasalah yang terbentuk dari keserakahan manusia". Selain itu, ia menjelaskan bahwa Somyi menderita sakit kulit juga maloklusi (posisi gigi atas dan bawah yang tidak tepat saat rahang tertutup) parah.

"Banyak orang yang mengatakan, kita harus mengadopsi mereka dan bukannya membeli mereka. Namun, aku tadinya tidak berniat untuk menambah peliharaan, " tulisnya, seperti dikutip dari Soompi. "Bagaimana pun, dia adalah bayi yang sudah lahir ke dunia dan saat aku melihat bagaimana sakitnya ia, aku langsung membawanya pulang."

Namun, tindakan ini justru mendatangkan kritik dari netizen. Mereka khawatir tindakan Kyun-sang akan membuat orang ingin membeli kucing dari toko hewan.

Menanggapi hal ini, sang aktor pun membuat sebuah postingan klarifikasi. "Aku paham bahwa aku seorang figur publik. Aku minta maaf karena aku melupakan hal itu. Aku paham kenapa ini menjadi masalah dan aku akan lebih berhati-hati mulai sekarang," tulisnya.

Ia meminta supaya orang-orang berhenti meninggalkan komentar kebencian dalam laman Instagram-nya.

"Ini adalah akun Instagram-ku dan sebagian besar orang yang menuliskan komen di sini adalah fans dan orang lain yang tertarik dan penasaran denganku. Mereka mengatakan tidak apa-apa kepadaku, tapi itu bukan karena mereka tidak tahu apa-apa. Itu karena mereka berusaha menghiburku. Mereka berusaha mengerti orang yang memiliki kekurangan ini," sebutnya. 
                                                 
Kekerasan seksual oleh aktor Choi Il-hwa

Pada Minggu (25/2), aktor veteran Choi Il-hwa mengakui bahwa ia pernah melakukan pelecehan seksual beberapa tahun yang lalu. Sebagai akibatnya, sang aktor kelahiran 1959 ini dicopot dari berbagai kegiatan dan juga proyek yang seharusnya dibintangi olehnya.

Melalui sebuah wawancara, pria yang pernah membintangi drama 'Two Cops', 'Tunnel', 'Oh My Venus', juga ' Save the Family' ini mengatakan bahwa ia benar-benar meminta maaf.

"Jika ada apapun yang berhubungan denganku, tak peduli seberapa pun kecilnya, aku akan mengaku dan menerima dosaku. Aku memiliki hati seorang pendosa,"  ujar sang aktor, seperti dikutip dari Soompi.

"Aku ingin meminta maaf secara benar kepada mereka. Aku meminta maaf karena terlambat mengumpulkan keberanian. Aku tidak ingin menghindari ini seperti pengecut. Walau ini tak akan menyembuhkan rasa sakit mereka, aku akan mengambil waktu untuk mengintrospeksi diri dan diadili mengikuti hukum yang ada," tambahnya.

Sebagai dampak dari kasus ini, sang aktor akan dicopot dari posisinya sebagai salah satu anggota dewan Korean Actors Association. Penunjukannya sebagai penasihat akademis Universitas Sejong juga dibatalkan. Selain itu, ia juga diberhentikan dari produksi drama 'Hold Me Tight' yang sedang diikutinya.

Setelah Choi Il-hwa mengakui perbuatannya, seorang aktris yang pernah tergabung dalam rumah teater yang sama dengan sang aktor 25 tahun yang lalu mengungkapkan pengalaman buruknya bersama aktor tersebut. Sang aktris menekankan bahwa apa yang dilakukan oleh Choi Il-hwa bukanlah pelecehan seksual, melainkan kekerasan seksual.

Sang aktris mengatakan bahwa saat kekerasan itu terjadi, ia baru saja berusia 24 tahun dan tidak berani mengatakan apa-apa, dikarenakan masyarakat justru akan menanyakan apa yang ia lakukan, sehingga mengundang perbuatan tersebut. Wanita yang tengah menderita kanker payudara itu mengatakan, ia ingin menerima permintaan maaf tulus dari Choi Il-hwa sekali saja sebelum meninggal.

Baca juga: 8 Selebriti dengan Operasi Plastik Termahal di Dunia

Related

Entertaintment 464543718839709921

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item