The Exorcist, Film Horor Klasik yang Kontroversial

The Exorcist, Film Horor Klasik yang Kontroversial

Naviri.Org - The Exorcist adalah film horor barat yang dirilis tahun 70-an. Film ini mengangkat kisah dari novel berjudul sama, karya William Peter Blatty. Sebagaimana judulnya, The Exorcist bercerita tentang eksorsisme atau ritual pengusiran setan, yang ditujukan pada bocah perempuan yang kerasukan setan.

Sebagai film horor kesurupan yang sudah lama terbit, The Exorcist menampilkan aktor-aktris yang namanya mungkin masih samar terdengar di telinga Anda, seperti Ellen Burstyn, Linda Blair, Max von Sydow, Jason Miller, dan beberapa lainnya.

Sebetulnya, kisah pada film The Exorcist ataupun novel yang menjadi sadurannya terinspirasi dari sebuah praktik pengusiran setan pada tahun 1949 yang dilakukan kepada seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun.

Banyak orang yang menyebut The Exorcist sebagai film horor barat klasik tentang anak setan, karena berpusat pada sang anak yang kerasukan. Selain The Exorcist, sebetulnya ada film lain berbentuk serial, yang juga menampilkan “anak setan”, seperti The Omen dan Rosemary’s Baby yang terkenal itu.

The Exorcist juga dianggap sebagai film horor barat terlaris dan tersukses karena meraih keuntungan sangat banyak, mencapai $402.500.000 saat diputar di seluruh dunia. Selain itu, The Exorcist juga masuk ke sepuluh nominasi Piala Oscar 1974 yang dua di antaranya, Penata Suara Terbaik dan Penulisan Skenario Adaptasi Terbaik, berhasil dimenangkan.

Pada saat perilisannya kala itu, The Exorcist sempat dilarang tayang di beberapa kota serta beberapa negara karena berbagai alasan, seperti dianggap terlalu menakutkan, dan berkaitan dengan agama. Hal itu juga yang kemudian menjadikan The Exorcist sebagai film horor barat yang kontroversial.

Baca juga: The Entity, Kisah Kejahatan Brutal yang Misterius

Related

Film 4136031224079684277

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item