Waitomo, Keindahan Gua dan Pesona Jutaan Larva

Waitomo, Keindahan Gua dan Pesona Jutaan Larva

Naviri.Org - Nama lengkapnya Waitomo Glow Worms Caves, tetapi orang-orang biasa menyebutnya Gua Waitomo. Glow Worms pada nama gua mengacu pada larva Luminosa Arachnocampa yang banyak terdapat di gua tersebut. Ribuan larva di sana bergantungan di langit-langit gua, dan memancarkan cahaya terang.

Larva-larva itu bersinar, memberikan panorama langit di kedalaman gua yang gelap, dengan cahaya kebiru-biruan. Fenomena itu, beserta keindahan gua yang memang menawan, menjadikan Waitomo sebagai gua yang sangat terkenal di dunia.

Gua Waitomo pertama kali dieksplorasi pada 1887 oleh Tane Tinorau yang didampingi seorang surveyor Inggris bernama Fred Mace. Dari merekalah kemudian dunia tahu tentang keindahan Gua Waitomo, tentang pemandangan menakjubkan di dalamnya, juga tentang sungai dan formasi batu kapur yang menawan di kedalaman gua.

Formasi batu kapur di dalam gua diperkirakan terbentuk ketika wilayah itu masih berada di bawah laut sekitar 30 juta tahun lalu.

Pada 1889, gua itu mulai dibuka sebagai tempat wisata.

Waitomo, Keindahan Gua dan Pesona Jutaan Larva

Lihat juga: Hierve el Aqua, Batu Alam yang Mirip Air Terjun

Related

Traveling 681148236712883309

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item