Agatha Christie, Novelis Kriminal Paling Terkenal di Dunia

Agatha Christie, Novelis Kriminal Paling Terkenal di Dunia

Naviri.Org - Penggemar novel cerita kriminal pasti mengenal nama Agatha Christie. Wajar, karena nyatanya Agatha Christie adalah novelis kisah kriminal paling terkenal di dunia. Dari tangannya, mengalir novel-novel berisi aneka kasus kejahatan yang menarik dibaca, sekaligus dengan alur kisah dan akhir yang tak terduga.

Agatha Christie juga menciptakan tokoh-tokoh yang sangat menawan dan berkesan bagi jutaan pembacanya, seperti Hercule Poirot dan Miss Marple. Kini, meski Agatha Christie telah lama wafat, namun novel-novelnya masih terus terbit dan terus dibaca dari generasi ke generasi.

Asosiasi Penulis Cerita Kriminal (CWA) bahkan menobatkan Agatha Christie sebagai penulis cerita kriminal terbaik. Gelar itu diberikan setelah mereka mengadakan polling kepada anggotanya. Novel Christie yang terbit pada 1962, The Murder of Roger Ackroyd, juga ditabalkan sebagai novel kriminal terbaik.

“Christie memang yang terbaik,” kata Ketua CWA, Alison Joseph.

Christie yang meninggal pada 1976 telah menulis 66 novel detektif dan 14 antologi cerpen.

Berikut ini fakta-fakta terkait Agatha Christie, yang perlu kita tahu.
  1. Agatha Christie lahir pada 1890 di Torquay, Devon, dan wafat pada 1976.
  2. Ia menulis 80 novel kriminal dan koleksi cerita pendek, dua otobiografi dan delapan novel dengan nama samaran Mary Westmacott.
  3. Ia telah menjual lebih dari dua miliar buku di seluruh dunia.
  4. Hercule Poirot diperkenalkan dalam novel pertama Christie, The Mysterious Affair at Styles, yang ditulis menjelang berakhirnya Perang Dunia I, dan diterbitkan pada 1920.
  5. Pada 1940-an ia menulis Curtain (Poirot's Last Adventure), tapi novel itu baru diterbitkan pada 1970.
  6. The Mousetrap, pertunjukan drama Christie yang paling sukses, dimulai pada 1952 dan merupakan pertunjukan drama yang dipentaskan dalam waktu terpanjang di dunia.

Baca juga: Kisah Tragis dari Dunia Sastra Inggris 

Related

Books 4059373332862649873

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item