Asrul Sani dan Tonggak Penting Penulisan Skenario Film

Asrul Sani dan Tonggak Penting Penulisan Skenario Film

Naviri.Org - Asrul Sani adalah salah stau penulis terkenal Indonesia, yang namanya masih sering disebut meski ia telah lama meninggal. Kenyataan itu tak bisa dilepaskan dari karya-karyanya, khususnya dalam bidang penulisan skenario film. Belakangan, naskah skenario karya Asrul Sani bahkan dianggap sebagai salah satu tonggak penting penulisan skenario film, khususnya di Indonesia.

Kisah terkait hal itu dimulai pada tahun 1980-an. Pada waktu itu, Asrul Sani berusaha menawarkan dua naskah skenario karyanya, yang telah ditolak berkali-kali. Namun ia tak putus asa untuk terus menawarkan naskahnya. Sampai kemudian, ia bertemu dengan Chairul Umam, sutradara terkenal masa itu.

Chairul Umam mempelajari naskah skenario karya Asrul Sani, dan berminat membelinya melalui Prasidi Teta Film, sebuah perusahaan yang dibentuk Chairul Umam dengan Budiyati Abiyoga. Berdasarkan skenario itu, Chairul Umam menghasilkan film yang kemudian sangat populer.

Naskah skenario Asrul Sani berjudul Mengapa Tuhan Menciptakan Wanita. Judul itu diubah menjadi “Kejarlah Daku, Kau Ku Tangkap”. Film itu berhasil meraih Piala Citra di tahun 1986 untuk Skenario Film Terbaik, sekaligus meraih Piala Antemas dan Piala Bing Slamet. 

Sedangkan skenario kedua, yang berjudul Naga Bonar, dirilis di tahun 1987. Film itu juga memenangkan kategori Piala Citra 1987 untuk Skenario film terbaik, film, cerita, aktor utama terbaik (Deddy Mizwar), pemeran pembantu wanita terbaik (Roldiah Matullesy), musik dan tata suara terbaik.

Kedua skenario karya Asrul Sani itu kemudian dianggap sebagai tonggak penting bagi penulisan skenario di Indonesia.

Asrul Sani lahir di Rao, Sumatera Barat, 10 Juni 1926, dan meninggal dunia di Jakarta, 11 Januari 2004 pada umur 77 tahun.

Skenario yang bagus adalah yang tidak lekang oleh waktu. Ada gagasan besar di dalamnya, dan di saat sama ada persoalan-persoalan kecil yang pasti ada di masa kapan pun. Itulah skenario-skenario karya Asrul Sani.

Baca juga: Menantikan Aksi Gundala di Layar Bioskop

Related

Film 4723280253649012876

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item