Bocah Berusia 15 Tahun Meretas 259 Situs di Negaranya

Bocah Berusia 15 Tahun Meretas 259 Situs di Negaranya

Naviri.Org - Beberapa orang memiliki bakat atau kepintaran luar biasa, khususnya dalam bidang komputer. Dengan bakat serta kepintarannya tersebut, mereka sering mampu melakukan hal-hal “luar biasa” yang tidak bisa dilakukan umumnya orang lain, khususnya terkait bidang komputer. Mereka biasanya disebut hacker.

Bakat serta kepintaran itu pula yang menjadikan seorang bocah yang masih berusia 15 tahun harus berurusan dengan pihak berwajib, karena terbukti telah meretas dan merusak 259 situs hanya dalam waktu 90 hari.

Bocah tersebut berasal dari Austria, dan telah menjadi target kepolisian setempat selama beberapa bulan. Anak yang tidak diungkap identitas aslinya ini tergolong hebat, setiap beraksi ia selalu memalsukan alamat IP dan menghilangkan sejumlah bukti.

Seluruh situs yang menjadi korbannya adalah pelaku industri di Austria, ada yang bergerak di bidang olah raga, layanan turis, situs dewasa, dan beberapa bidang lainnya.

Saat diinterogasi oleh pihak kepolisian, bocah tersebut mengaku tidak memiliki motif jahat. Ia hanya merasa bosan, dan ingin membuktikan kemampuan kepada seluruh temannya di forum lokal khusus peretas. Konon, di forum itu ia menduduki peringkat ke 50 dari 2.000 hacker yang aktif.

Dalam aksinya, bocah dengan nickname ACK!3STX tersebut menggunakan aplikasi khusus yang membuatnya tidak terdeteksi. Namun naas, software yang ia andalkan itu tidak berhasil melindunginya dari intaian satuan Cyber Crime Competence Centre Austria.

Dikutip dari zdnet, polisi berhasil mendapatkan alamat IP pelaku, dan melacak hingga ke tempat tinggalnya di sebuah perumahan di Austria.

Hingga kini belum diketahui total jumlah kerugian dari aksi tersebut. Begitu pula soal hukuman untuk ACK!3STX. Yang jelas, bocah pintar tersebut tengah menjalani proses hukum.

Baca juga: Kode-kode Jahat di Balik Kejahatan Teknologi

Related

World's Fact 7965775839435520207

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item