Bagaimana Cara Membersihkan Sampah Antariksa?

Bagaimana Cara Membersihkan Sampah Antariksa?

Naviri.Org - Namanya sampah, tentu harus dibersihkan, termasuk sampah antariksa. Itu tak jauh beda dengan genangan sampah yang menumpuk dan berkumpul di lautan. Jika sampah-sampah itu tidak dibersihkan, lama-lama akan terus menggunung dan merusak ekosistem laut. Tak jauh beda dengan sampah yang berasal dari antariksa. Sayangnya, upaya untuk membersihkan sampah antariksa masih belum serius dilakukan.

Astrofisikawan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Donald Kessler, pernah berkata bahwa industri antariksa secara perlahan mengembangkan ide untuk membersihkan sampah antariksa, tapi sayangnya belum ada yang diuji secara serius apalagi sampai menunjukkan hasil nyata. Ia menegaskan bahwa ada tiga isu utama yang harus diselesaikan berkaitan dengan pembersihan sampah antariksa.

"Satu, bagaimana kita bisa mendapatkan sampah itu secara murah? Dua, bagaimana kami mengambil obyek yang berputar dan tidak dirancang untuk bisa diambil? Ketiga, apa yang akan dilakukan setelah kita mengambilnya?" ujar mantan kepala program penanganan sampah antariksa pertama di NASA tersebut.

Fakta lain yang juga menjadi pertimbangan adalah lambannya astrofisikawan dan ilmuwan membahas persoalan itu. Penyebabnya: tidak setiap tahun NASA bisa menggunakan dana dari pemerintah untuk melakukan penelitian dan melakukan pembersihan sampah antariksa. Program pembersihan orbit bumi pada akhirnya lebih banyak diserahkan pada perusahaan riset lain yang punya strategi sendiri-sendiri.

Sampah antariksa dan bahayanya

Pertama, menggunakan jaring raksasa. Empat tahun lalu, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembersihan sampah antariksa, Star Technology and Reseach (STAR), menerima hampir dua juta dolar AS dari NASA untuk membuat pesawat luar angkasa ElctroDynamic Debris Eliminator (EDDE) yang akan bekerja membersihkan sampah antariksa dengan memanfaatkan jaring raksasa.

EDDE didesain untuk mengarungi orbit bumi di mana satelit yang tak terpakai lagi berada. Dengan menggunakan tenaga surya, EDDE mengeluarkan jaring besar untuk menangkap obyek tersebut dan diturunkan ke orbit yang lebih rendah. EDDE kemudian menyemburkan satelit atmosfer bumi sehingga terbakar dan kemudian berlayar lagi ke orbit yang lebih tinggi untuk menangkap satelit selanjutnya yang sudah jadi sampah.

Kedua, memakai robot. Sampah dengan ukuran yang lebih besar menjadi tanggung jawab e.Deorbit, alat bikinan European Space Agency (ESA) yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2023. e.Deorbit, sebagaimana dilaporkan kanal Space, masuk dalam program Clean Space Initiative ESA dan ditargetkan untuk menyeret “pulang” ENVISAT, satelit pemantauan jarak jauh seberat 8 ton yang diluncurkan pada tahun 2002.

Rencananya e.Deorbit akan “menempelkan” diri ke unit-unit sampah luar angkasa, kemungkinan dengan menggunakan tangan-tangan robotik yang dipasang di satelit e.Deorbit. Setelah obyek sasaran diamankan, e.Deorbit akan menggunakan roket pendorong ke atmosfer bumi agar obyek sasaran terbakar habis di sana.

Rencana ketiga datang dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) akan melibatkan medan magnet dari bumi sendiri agar sampah berbentuk satelit turun sendiri. Realisasinya akan melibatkan kargo bernama Kounatori 6, dalam proyek Kounatori Integrated Tether Experiment. Sayang, rencana ini menemui kegagalan saat peluncuran kargonya pada Februari kemarin.

Strategi lain, sebagai alternatif pembersih sampah antariksa berukuran kecil, datang dari perusahaan startup asal Jepang, Astroscale. Mereka berencana akan meluncurkan satelit ELSA-1 pada tahun 2018 yang akan melacak serpihan sampah antariksa, lalu ditempelkan ke lem khusus agar bisa terkumpul.

Agar aman, keempat misi di atas diinstruksikan untuk mengarahkan satelit yang jatuh ke sebuah “kuburan” di wilayah Samudera Pasifik bagian selatan atau sebelah timur Selandia Baru, demikian menurut laporan The Verge.

Baca juga: Point Nemo, Kuburan untuk Sampah Ruang Angkasa

Related

Science 7074120250355273075

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item