Cara Meninjau Aplikasi yang “Mencuri” Data Kita di Facebook

Cara Meninjau Aplikasi yang “Mencuri” Data Kita di Facebook

Naviri.Org - Kasus bocornya jutaan data pengguna Facebook tidak hanya membuat dunia geger, tapi juga membuka mata banyak orang mengenai betapa rentan sebenarnya menggunakan media sosial tersebut. Dari kasus itu pula, orang-orang pun akhirnya menyadari bahwa kebocoran data berawal dari penggunaan aplikasi pihak ketiga yang digunakan pengguna di Facebook.

Sebagai pengguna Facebook, kita tentu biasa menemukan aplikasi-aplikasi tertentu yang membuat kita tertarik. Kita pun lalu memasukkan aplikasi itu ke akun Facebook kita. Dari situlah, tanpa disadari, aplikasi-aplikasi itu ternyata mengambil data-data kita, untuk kemudian mereka manfaatkan sesuai keinginan.

Untuk itu, ada baiknya kita meninjau aplikasi apa saja yang telah kita gunakan di Facebook, dengan tujuan untuk menutup kemungkinan tercurinya data-data kita untuk dimanfaatkan pihak lain. Dengan meninjau aplikasi apa saja yang kita gunakan di Facebook, kita bisa menimbang apakah aplikasi itu memang masih dibutuhkan atau tidak. Kemudian, kita juga bisa melihat apakah data kita yang mereka ambil relevan dengan layanan yang diberikan atau tidak.

Berikut langkah-langkah untuk memantau aplikasi apa saja yang sudah menggunakan data Anda di Facebook:

Masuk ke Facebook versi desktop (menggunakan komputer). Klik simbol panah di ujung kanan atas laman Facebook Anda. Pilih menu Pengaturan dari menu drop-down. Setelah berhasil masuk ke laman Pengaturan, pilih sub menu Aplikasi di kolom sebelah kiri.

Kemudian, Anda akan disajikan daftar aplikasi pihak ketiga yang menggunakan data Anda dari platform Facebook. Pastikan untuk mengklik tombol "Tampilkan Semua" untuk mendapatkan daftar lengkap.

Arahkan kursor tetikus (mouse) ke salah satu aplikasi, maka akan tampil opsi atau menghapus koneksi aplikasi tersebut, sehingga tidak dapat lagi mengakses akun Facebook Anda.

Jika tidak ingin langsung memutuskan hubungan, pantau apa saja data yang diambil oleh aplikasi tersebut, dan pertimbangkan apakah relevan data yang diambil dengan layanan yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Jangan segan untuk menghilangkan tanda centang untuk berhenti berbagi informasi tertentu. Mungkin akan menjadi pekerjaan yang merepotkan untuk meninjau setiap aplikasi yang ada. Tapi ingat, di sinilah ladang di mana penyalahgunaan data pribadi dimulai.

Sekarang, gulir lebih jauh ke bawah di bagian Pengaturan > Aplikasi. Anda akan melihat lebih banyak opsi. Lalu klik bagian "Aplikasi yang Digunakan Orang Lain". Di dalamnya, Anda dapat melihat jenis data yang Anda biarkan teman Anda lihat, dan data tersebut juga dapat dilihat oleh aplikasi yang digunakan teman Anda.

Baca juga: Kronologi Kasus Pencurian Jutaan Data di Facebook 

Related

Internet 5139389061862519432

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item