Computer Vision, Teknologi yang Ingin Meniru Mata Manusia

 Computer Vision, Teknologi yang Ingin Meniru Mata Manusia

Naviri.Org - Sungguh menakjubkan, kalau dipikir-pikir, bahwa anggota tubuh kita, khususnya panca indra, adalah instrumen yang mengagumkan, yang bahkan sulit ditiru atau disamai teknologi canggih sekali pun. Mata, sebagai salah satu panca indra, misalnya, adalah instrumen yang rumit sekaligus menakjubkan, yang memungkinkan manusia dapat melihat secara tiga dimensi.

Saat ini, bisa dibilang belum ada teknologi yang mampu menyamai kehebatan mata manusia dalam menangkap objek, sejernih dan sejelas yang mampu dilakukan mata manusia. Salah satu teknologi canggih yang sedang berupaya meniru kehebatan mata manusia adalah computer vision.

Secara teknis, computer vision merupakan cara bagaimana sebuah komputer merekonstruksi objek 2D, 3D, ataupun objek citra lainnya, secara matematis.

Sebuah pertanyaan yang diajukan Marvin Minsky, peneliti di Massachusetts Institute of Technology, pada 1966 pada mahasiswanya bernama Gerald Jay Sussman, mendeskripsikan dengan baik tentang computer vision. Saat itu, Minsky bertanya “bagaimana menghubungkan kamera ke komputer, dan membuat komputer menggambarkan apa yang dilihatnya."

Dalam sejarahnya, Larry Roberts dari Massachusetts Institute of Technology merupakan pelopor di bidang computer vision. Pada dekade 1960an, ia mempelajari bagaimana cara mengekstrasi data 3D dari perspektif 2D.

T.S. Huang dalam jurnalnya berjudul “Computer Vision: Evolution and Promise” mengungkapkan, computer vision memiliki dua tujuan. Pertama, dari pendekatan biologis, computer vision diharapkan mampu untuk menghasilkan model komputasi dari sistem penglihatan manusia. Kedua, dari pendekatan teknik, computer vision diharapkan mampu membangun sistem otomatis yang dapat melakukan tugas yang dilakukan penglihatan manusia.

Computer vision hingga hari ini belumlah benar-benar sempurna. Huang mengungkapkan, ketidaksempurnaan computer vision terutama menyangkut perbandingan hasil kerja yang telah dilakukan computer vision dengan hasil kerja yang dilakukan mata manusia. Mata manusia dapat mengenali objek dengan berbagai variasi pencahayaan, sudut pandang, ekspresi, dan lain sebagainya dengan terlihat mudah. Computer vision belum dapat menyamai kemampuan mata manusia tersebut.

Meskipun belum sukses bekerja selayaknya mata manusia, atas kehadiran kecerdasan buatan atau AI, computer vision dianggap akan mendapatkan hasil menjanjikan di kemudian hari. Mengutip The New York Times, computer vision hari ini ibarat seorang bocah kecil. Namun, ia akan tumbuh besar dan menjadi sosok cerdas. Computer vision pun akan mengalami hal yang serupa di kemudian hari.

Masuknya AI pada computer vision jelas merupakan pembeda yang signifikan. Melalui AI, computer vision diajari tanpa mengatur, bagaimana ia mengenali objek. Mirip seperti cara kerja AI di bidang lain. Dalam computer vision, AI bekerja memanfaatkan ribuan bahkan jutaan basis data berupa gambar dengan berbagai rupa. Ribuan dan jutaan gambar itu digunakan sebagai basis pengetahuan tentang objek yang akan dikenali.

ImageNet, proyek yang dilakukan beberapa peneliti Stanford University dan Princenton University, merupakan contoh bagaimana basis data digunakan untuk mengembangkan computer vision berbasis AI. ImageNet memiliki basis data berupa gambar sebanyak 14 juta unit yang terbagi dalam 22 ribu kategori. Gambar kucing, memiliki 62 ribu unit dengan berbagai ragamnya. Ini jelas membantu AI pada computer vision, seperti apa sesungguhnya “sosok” kucing untuk dikenali oleh computer vision.

Facebook, media sosial nomor 1 dunia, melakukan suatu hal yang tak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan ImageNet. Kala seorang pengguna mengunggah foto bersama kawan-kawannya, ia lantas akan disuguhi fitur auto-tagging pada wajah teman-temannya yang terpaut dalam frame foto. Kemampuan auto-tagging Facebook, terjadi berkat adanya basis data foto pengguna Facebook.

Baca juga: Musik Buatan Mesin, dan Era Baru Musik Dunia

Related

Technology 3306127921373858813

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item