Di Cina, Orang Dilarang Membuat Video Komedi

Di Cina, Orang Dilarang Membuat Video Komedi

Naviri.Org - Banyak orang menyukai video atau film komedi, karena lucu dan menghibur. Namun, masyarakat Cina tampaknya akan kesulitan untuk dapat menikmati sajian semacam itu, karena baru-baru ini pemerintah Cina mengeluarkan peraturan berisi larangan terhadap pembuatan video komedi di Cina.

Pemerintah Cina melarang pembuatan video berisi konten komedi, dengan alasan melanggar nilai sosialis Negeri Tirai Bambu itu. Tindakan keras telah disiapkan bagi siapapun yang berani melanggar larangan yang mulai diberlakukan di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping tersebut.

Untuk menegakkan aturan itu, pemerintah Cina membentuk sebuah badan baru.

Keputusan itu muncul setelah Xi mengokohkan kekuatannya pada pertemuan parlemen baru-baru ini dengan terpilih kembali menjadi Presiden Cina untuk periode kedua tanpa batasan masa jabatan presiden.

Partai Komunis Cina, yang berkuasa, semakin memperkuat cengkeramannya pada media, seperti kontrol atas film, berita, dan penerbitan, ke departemen publisitas yang kuat.

Seperti dilansir Channel News Asia dan media Xinhua pada 23 Maret 2018, Administrasi Negara untuk Pers, Publikasi, Radio, Film, dan Televisi Cina mengarahkan situs berbagi video untuk wajib memblokir konten yang mendistorsi, mencemooh atau mencemarkan nama baik karya sastra dan seni klasik Cina. Bahkan dokumen arahan itu diberi label sangat penting.

Pelaku industri menanggapi aturan itu dengan mengatakan penumpasan besar-besaran pada konten media memiliki efek mengerikan pada pembuat konten dan distributor.

"Ini berarti banyak pembuat konten harus bertransisi dan membuat konten mereka lebih serius," kata Wu Jian, seorang analis yang berbasis di Beijing.

Meskipun ada sensor ketat, Cina memiliki komunitas blogger online yang cukup aktif, yang sering menanggapi pelanggaran dalam peristiwa-peristiwa besar dengan gambar-gambar lucu dan kadang-kadang berbau cabul. Tak jarang beberapa di antaranya sering berhadapan dengan masalah hukum, bahkan dipecat dari pekerjaannya.

JustXiait, sebuah tim blogger parodi Cina yang terkenal dengan video satir dari film, mengatakan dalam unggahan microblog resmi, bahwa kelompok itu akan secara sukarela menghapus semua video untuk melakukan inspeksi diri, pembersihan dan perbaikan.

Keputusan itu diambil untuk membuat program lebih sesuai dengan hukum Cina dan peraturan yang relevan, dan untuk memberikan program yang lebih menarik dan bermanfaat kepada pemirsa.

Baca juga: Humor dan Komedi Dalam Sejarah Manusia

Related

News 1478009484359948934

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item