Factitious Disorder, Orang Sehat yang Pura-pura Sakit

Factitious Disorder, Orang Sehat yang Pura-pura Sakit

Naviri.Org - Setiap orang tentu menginginkan selalu sehat, dan sebisa mungkin terhindar dari sakit atau terkena penyakit. Namun, ternyata, ada pula orang yang sebenarnya sehat, tapi berupaya agar tampak seperti orang sakit. Dalam psikologi, hal semacam itu disebut factitious disorder.

Ada beberapa alasan atau latar belakang yang menjadikan orang yang sehat tapi berpura-pura atau berupaya tampak seperti orang sakit. Bisa karena ingin menghindari suatu kewajiban, mengelak dari tanggung jawab, dan lain-lain.

Terminologi factitious disorder merujuk kepada kondisi ketika seseorang dengan sengaja bertingkah seperti orang sakit fisik atau mental, padahal kenyataannya sebaliknya.

Dalam WebMD tercantum, orang dengan factitious disorder bisa berbohong soal kesehatannya, melukai diri sendiri untuk mendatangkan gejala, atau mengganti hasil tes kesehatan supaya terlihat sakit.

Ada beberapa tanda seseorang mengalami factitios disorder: punya rekam medis “dramatis” tetapi tidak konsisten, memunculkan gejala-gejala anyar begitu hasil tes sebelumnya menunjukkan negatif terserang penyakit, berkali-kali mendatangi rumah sakit, atau bersikeras untuk diperiksa atau menjalani prosedur medis lainnya.

Sekilas, gejala ini tampak serupa dengan hipokondria. Namun yang membedakannya, hipokondria merupakan bentuk kecemasan dan bukan upaya sengaja yang dilakukan untuk menghindari sesuatu atau menggali keuntungan sebanyak-banyaknya.

Menurut studi, kecemasan berlebihan para pengidap hipokondria bisa saja memicu penyakit sungguhan. Sakit jantung misalnya, dapat dipicu oleh produksi kortisol berlebihan yang terjadi saat stres. 

Baca juga: Gaya Hidup Tak Sehat Anak Muda Kekinian

Related

Health 6239332508483585032

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item