Fakta Misterius di Balik Lagu Gloomy Sunday

Fakta Misterius di Balik Lagu Gloomy Sunday

Naviri.Org - Dalam film-film horor, kita sering menjumpai benda-benda terkutuk yang menyebar kutukan pada siapa pun. Ada lukisan yang terkutuk, makam yang menyebarkan kutukan, dan lain-lain, yang bisa merenggut nyawa siapa pun yang menyentuhnya. Meski mungkin menyeramkan, namun kita menganggapnya biasa saja, karena kisah itu terjadi di film.

Tapi apakah benar hal-hal menyeramkan dan misterius semacam itu hanya terjadi di film? Ternyata, di dunia nyata ada hal yang mirip semacam itu, dan terkait dengan sebuah lagu terkenal berjudul Gloomy Sunday. Konon, Gloomy Sunday adalah lagu terkutuk yang bisa menyebarkan kutukan pada siapa pun yang mendengarnya, hingga si pendengar melakukan bunuh diri.

Gloomy Sunday adalah lagu yang dibawakan oleh Billie Holiday. Lagu sedih dengan komposisi musik unik yang populer di era 1940-an ini konon menyimpan banyak kisah seram yang sering dihubungkan dengan kutukan.

Mari bahas tentang sejarah dan cerita di balik terciptanya lagu Gloomy Sunday. Gloomy Sunday adalah sebuah lagu yang ditulis Rezso Seress, pianis dan komposer asal Hungaria pada tahun 1932. Lagu sedih ini ditulis berbahasa Hungaria dan berjudul Vége a világnak yang artinya adalah dunia sedang berakhir. Gloomy Sunday berkisah tentang kesedihan dan kehancuran dunia akibat perang.

Namun, seorang penulis puisi bernama Laszlo Javor membuat lirik versinya sendiri untuk lagu tersebut, berjudul Szomorú vasárnap atau Sabtu Sedih. Versi ini menceritakan keinginan bunuh diri setelah kekasihnya meninggal. Menariknya, lirik milik Javor lebih populer dibandingkan versi sebelumnya. Tetapi, tak lama setelah Javor menyelesaikan penulisan liriknya, ia meninggal akibat bunuh diri.

Mulai dari situ kabar yang menyebut lagu Gloomy Sunday sebagai kutukan dimulai. Sejak saat itu, banyak kejadian bunuh diri yang terjadi akibat mendengarkan lagu Gloomy Sunday. Seorang pegawai negeri Hungaria mengakhiri hidupnya dengan menembak diri sendiri. Seramnya, mayatnya ditemukan di atas salinan lirik lagu Gloomy Sunday.

Kasus bunuh diri lain terjadi saat seorang gadis nekat meminum racun ketika mendengarkan lagu tersebut. Ada pula seorang pemuda yang menembak dirinya setelah grup musik yang ada di restoran Budapest menyanyikan lagu Gloomy Sunday.

Gloomy Sunday tak hanya menelan tiga nyawa, tapi hampir 200 nyawa yang disebabkan kasus bunuh diri di berbagai negara. Akibatnya, banyak negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat, melarang lagu tersebut diputar. Salah satu yang turut melarang-tayang lagu ini adalah BBC.

BBC melarang Gloomy Sunday versi rekaman Billie Holiday, sedangkan untuk pertunjukan live masih diperbolehkan. Pelarangan baru dihapus pada 2002. Namun, lagu ini dinyanyikan kembali oleh Billie Holiday dan menjadi hits sehingga banyak diputar di radio. Parahnya, angka bunuh diri meningkat pesat ketika lagu ini diputar kembali.

Baca juga: Menguak Misteri Jenglot, Makhluk Kecil yang Misterius

Related

Mistery 8298082866653063612

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item