Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Naviri.Org - Great Barrier Reef adalah terumbu karang terbesar di dunia, terdiri dari sekitar 3.000 terumbu individu dan 920 pulau-pulau yang membentang sepanjang lebih dari 2.650 kilometer, di atas lahan seluas 345.000 kilometer persegi. Terumbu karang ini terletak di Laut Coral, di lepas pantai Queensland, Australia.

Great Barrier Reef adalah struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup. Struktur karang terbentuk oleh miliaran organisme kecil, yang disebut polip karang. Selain menjadi keragaman hayati yang sangat menakjubkan, Great Barrier Reef juga telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia, serta menjadi salah satu di antara 7 keajaiban dunia.

Meski Great Barrier Reef sudah menakjubkan, namun ada fenomena lain yang tak kalah menakjubkan di sana, yaitu kanal atau saluan dalam, yang memisahkan Hook Reef dari Hardy Reef—terumbu kecil yang dimiliki Great Barrier Reef.

Kanal ini sering difoto dari pesawat, dan merupakan lokasi penting bagi para penyelam scuba. Keberadaan kanal itu juga menghadirkan pemandangan yang sangat mempesona.

Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Lihat juga: Poveglia, Pulau Indah dengan Sejarah Kelam

Related

Traveling 8122380776385037219

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item