Apa Manfaat Rights Issue bagi Investor dan Perusahaan?

Apa Manfaat Rights Issue bagi Investor dan Perusahaan?

Naviri.Org - Di waktu-waktu tertentu, sebuah perusahaan menawarkan rights issue, dengan tujuan untuk meningkatkan modal disetor suatu perusahaan. Peningkatan modal biasanya digunakan untuk kebutuhan ekspansi bisnis, pembayaran utang, atau kombinasi keduanya. Proses itu dilakukan dengan menawarkan saham baru kepada para pemegang saham lama (existing), dengan harga saham terdiskon atau lebih murah dari harga pasar.

Lalu apa manfaat dari rights issue, bagi emiten maupun investor?

Pada dasarnya, sebuah emiten melakukan rights issue untuk menambah modal. Namun, ada juga beberapa perseroan yang melakukan rights issue dengan tujuan menambah porsi kepemilikan saham. Selain itu, rights issue juga berpeluang untuk membuat saham sebuah emiten menjadi lebih likuid, mengingat jumlah saham yang beredar setelah rights issue menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

Bagi emiten, rights issue memang menguntungkan, tapi bisa juga tidak disukai oleh investor. Alasannya, rights issue akan membuat harga saham bisa menurun. Selain itu, komposisi atau persentase kepemilikan saham investor juga berpotensi tergerus atau terdilusi, bila tak melakukan penyertaan modal kembali.

Dengan rights issue, jumlah saham yang beredar akan meningkat, sehingga otomatis harga saham juga bakal bergerak menurun. Teori supply dan demand berlaku di sini.

Komposisi kepemilikan saham investor yang terdilusi juga berpeluang terjadi karena rights issue. Namun, dampak dari dilusi saham barangkali hanya dirasakan investor besar atau korporasi, sedangkan bagi investor ritel tidak terlalu berpengaruh.

Baca juga: Tips Meraih Keuntungan dari Tawaran Saham Right Issue

Related

Money 3783785756595959354

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item