Cara Mudah agar Bisa Membaca Lebih Banyak Buku

Cara Mudah agar Bisa Membaca Lebih Banyak Buku

Naviri.Org - Buku adalah jendela dunia. Karena, melalui buku, kita bisa mengetahui banyak hal yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Buku tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuan, namun juga mampu mengasah imajinasi dan kearifan.

Sayangnya, tidak setiap orang suka membaca buku. Ada kalanya pula orang ingin membaca buku, namun merasa cepat bosan atau cepat lelah. Berikut ini adalah lima cara mudah yang bisa dipraktikkan jika ingin mulai mengakrabi buku, sekaligus agar bisa membaca buku lebih banyak, tanpa harus membuat bosan atau lelah.

Buatlah pencetus untuk membaca

Hubungkan kegiatan membaca dengan bermacam-macam kegiatan sehari-hari. Misalnya, setelah makan sempatkan diri untuk membaca beberapa halaman buku. Saat di perjalanan, daripada bosan menunggu kemacetan, lebih baik gunakan waktu untuk membaca. Atau bisa pula membaca sebelum tidur, daripada mengecek handphone.

Dengan menghubungkan kegiatan sehari-hari dengan membaca, dalam sehari kita bisa membaca berpuluh-puluh halaman tanpa terasa.

Nikmati kegiatan membaca

Meski telah menggabungkan kegiatan sehari-hari dengan membaca, jangan sampai kita beranggapan membaca adalah kewajiban yang harus segera dituntaskan. Jika merasa seperti ini, kita pun memilih untuk berhenti membaca.

Cara yang tepat saat membaca, lepaskan diri kita untuk masuk ke dunia yang ditawarkan oleh buku, dan nikmati pengamalan baru yang ditawarkan.

Bacalah buku yang disukai

Teman kita merekomendasikan genre buku yang asing bagi kita. Dia berpendapat buku itu adalah buku terbaik sepanjang masa. Jika kita tidak tertarik terhadap buku tersebut, jangan paksakan diri membacanya. Sesuatu yang tidak menarik cenderung membuat kita bosan. Sehingga keinginan untuk membaca pun menghilang.

Pilihlah buku atau penulis yang memang kita sukai. Menikmati proses membaca akan memancing kita untuk terus membaca buku.

Selalu bawalah buku 

Kemanapun pergi, bawalah buku. Kita tidak tahu, dalam sehari apa saja yang akan terjadi. Misalnya, kita harus menunggu teman saat janjian. Daripada merasa kesal, lebih baik masuk ke dunia buku.

Apalagi kemudahan yang ditawarkan saat ini, ebook semakin populer dan dijadikan pilihan orang-orang yang ingin lebih mudah membawa buku, atau tidak ingin buku fisiknya rusak saat dibawa-bawa. Jadi, tak ada alasan lagi sulit membawa buku.

Hindari gangguan dalam membaca

Kamu tipe yang cepat kehilangan konsentrasi membaca saat suasana sekitar berisik? Atau tidak bisa lepas dari mengecek handphone saat melakukan kegiatan? Maka hindarilah gangguan tersebut. Carilah lokasi yang nyaman untuk membaca, misalnya di kamar tidur. Lalu jauhkan handphone atau sumber gangguan lainnya.


Related

Tips 3269854908867863738

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item