Menulis Bisa Membantu Meredakan Cemas dan Depresi

Menulis Bisa Membantu Meredakan Cemas dan Depresi

Naviri.Org - Cemas dalah hal umum yang biasa terjadi pada siapa saja, di mana saja. Karena ada suatu sebab yang tidak jelas, muncul perasaan cemas. Beberapa orang bahkan tampaknya sangat sering cemas, meski kadang tanpa alasan. Sementara sebagian lain bahkan menderita depresi akibat kecemasan berlarut-larut.

Yang menjadi masalah, cemas dan depresi sering kali menjadi masalah personal. Dalam arti, kita tahu betul yang kita rasakan, namun kita sering sulit menjelaskan atau mengungkapkannya pada orang lain. Akibatnya, orang yang sering cemas dan depresi juga makin frustrasi dan menanggung perasaannya sendiri.

Jika Anda termasuk orang yang semacam itu, Anda bisa mulai mengatasi kecemasan dan depresi yang Anda alami dengan cara menulis secara ekspresif. Menulis sebagai sarana terapi memang sudah tidak asing lagi. Selain dapat mendukung kesehatan tubuh, menulis juga bisa menyembuhkan luka batin akibat stres dan trauma, terutama dengan menulis ekspresif.

Menulis ekspresif adalah menulis yang berkaitan dengan pikiran dan perasaan yang timbul dari pengalaman hidup.

Secara umum, menulis ekspresif dapat membantu Anda dalam meredakan kecemasan dan mengatasi depresi. Hal itu dikarenakan menulis ekspresif dapat membantu Anda meredakan stres melalui tulisan.

Selain itu, ada manfaat lain menulis ekspresif yaitu, memperbaiki mood Anda, karena dengan menulis Anda dapat:
  1. Mengenali pemicu dan mempelajari cara untuk mengendalikannya dengan baik.
  2. Membuat Anda lebih bersyukur dan jujur terhadap diri sendiri.
  3. Membantu memprioritaskan masalah agar cepat selesai.
  4. Memberikan pikiran positif dan mengidentifikasi pikiran negatif.

Menurut ahli, manfaat menulis kemungkinan berasal dari proses menulis yang membuat seseorang dapat mengelola emosi, sekaligus merangsang proses Intelektual.

Cara menulis ekspresif

Sebelum Anda menulis, terlebih dahulu pilih sarana apa yang ingin Anda gunakan. Misalnya laptop, buku catatan, atau handphone. Kalau ingin personal, pilihlah menulis di atas kertas. Setelah Anda siap, cobalah ikuti kiat-kiat berikut ini:

Menulis sesuai keinginan Anda

Dalam menulis ekspresif, Anda tidak harus menceritakan tulisan Anda kepada orang lain jika merasa tidak nyaman untuk mengungkapkannya.

Tuang kreativitas Anda

Biarkan diri Anda bebas menulis tanpa mengikuti struktur tertentu, biarkan kata-kata mengalir bebas tanpa mengkhawatirkan kesalahan ejaan.

Usahakan menulis setiap hari

Selalu sisihkan beberapa menit dalam sehari untuk menulis. Agar Anda dapat merasakan manfaat menulis secara maksimal, cobalah untuk bersikap tenang dan merenungkan masalah secara positif setiap hari.

Baca juga: Daftar Kata Indonesia yang Sering Disalahpahami

Related

Psychology 4036866371943285366

Recent

item