Apa Perbedaan Robot dan Kecerdasan Buatan?

Apa Perbedaan Robot dan Kecerdasan Buatan?

Naviri.Org - Kita mungkin sudah mengenal istilah robot sejak jauh-jauh hari, karena bisa jadi sejak masa kanak-kanak pun kita telah mengenalnya. Film-film di televisi, atau kartun-kartun di komik, kadang menampilkan tokoh berbentuk robot. Belakangan, kita bahkan mengenal robot-robot menakjubkan dalam serial film Transformer.

Lalu apa yang disebut kecerdasan buatan? Meski istilah robot kerap disandingkan dengan istilah kecerdasan buatan, apakah dua hal itu sama, ataukah berbeda?

Dalam beberapa tahun terakhir, kata robot dan kecerdasan buatan menjadi bahan perbincangan. Situsweb pegiat kecerdasan buatan, Phrasee, menyebutkan meski kedua istilah tersebut berbeda, mereka berkaitan satu sama lain.

Secara sederhana, kecerdasan buatan adalah program komputer yang dirancang untuk memecahkan permasalahan rutin yang dikerjakan oleh manusia maupun hewan. Kecerdasan buatan dirancang untuk mengembangkan program yang dapat memecahkan masalah secara mandiri.

Ia dirancang memproses sejumlah besar data, mencari tren dan pola, dan kemudian memberikan wawasan berdasarkan pola tersebut. Mereka juga disiapkan untuk melaksanakan tugas yang sangat spesifik. Beberapa contoh kecerdasan buatan yang telah dikembangkan sekarang meliputi aplikasi Watson pada IBM, Google Siri, dan Chatbots Twitter.

Sementara itu, robot adalah alat mekanis yang mampu bergerak secara otomatis. Ia dirancang untuk melakukan gerakan atau serangkaian gerakan, baik yang bentuknya sederhana seperti mengangkat sebuah boks atau yang kompleks seperti memadamkan api dari sebuah lilin yang disembunyikan dalam labirin.

Lalu dimana kaitan antara kecerdasan buatan dan robot? Jawabannya sederhana, jika robot itu hardware, kecerdasan buatan adalah software-nya.

Baca juga: Di Dapur Masa Depan, Juru Masaknya adalah Robot

Related

Technology 1563215814558341107
item