Apa yang Disebut Rights Issue di Dunia Saham?

Apa yang Disebut Rights Issue di Dunia Saham?

Naviri.Org - Di dunia saham, ada istilah rights issue yang kadang disebut-sebut atau ditawarkan pada pemegang saham tertentu. Bagi para pemain saham yang sudah lama berkecimpung di bidang ini, istilah rights issue tentu sudah dipahami. Namun, jika Anda masih tergolong pemula di dunia saham, bisa jadi Anda bertanya-tanya mengenai istilah tersebut.

Jadi, apa yang disebut rights issue di dunia saham atau bisnis?

Rights issue merupakan upaya meningkatkan modal disetor suatu perusahaan. Peningkatan modal ini biasanya digunakan untuk kebutuhan ekspansi bisnis, pembayaran utang, atau kombinasi keduanya.

Prosesnya, perusahaan akan menawarkan saham baru tersebut kepada para pemegang saham lama (existing), atau biasa disebut dengan HMETD, dengan harga saham terdiskon atau lebih murah dari harga pasar.

Apabila HMETD itu ternyata tidak dibeli oleh pemegang saham lama, maka penerbitan saham baru akan diserap habis oleh pembeli siaga. Siapapun bisa menjadi pembeli siaga, termasuk pemegang saham dari emiten yang menerbitkan rights issue.

Hanya saja, pembeli siaga yang berasal dari pemegang saham emiten yang menerbitkan rights issue hanya dapat menjamin saham-saham yang di luar haknya. Dengan kata lain, hak pemegang saham atau investor yang lain tetap harus diutamakan. Salah satu aksi korporasi mengalami tren terus naik di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sepanjang 2017 misalnya, emiten yang menggelar rights issue mencapai 35 emiten dengan nilai emisi sebesar Rp88,19 triliun. Nilai emisi tersebut tumbuh 31,39 persen dari 2016 sebesar Rp67,12 triliun, disumbang dari 34 emiten. Pada 2017, bila dikelompokkan berdasarkan nilai emisi rights issue di atas Rp1 triliun, nilainya mencapai Rp83,57 triliun.

Baca juga: Apa Manfaat Rights Issue bagi Investor dan Perusahaan?

Related

Money 139895177874726331

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item