Tips Penting untuk Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Tips Penting untuk Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Naviri.Org - Berapakah durasi tidur yang ideal? Sebagian orang mengatakan bahwa tidur ideal membutuhkan waktu delapan jam. Namun, meski begitu, ada orang yang sudah tidur selama delapan jam atau lebih, tapi tubuh masih terasa lemas. Di sisi lain, ada orang yang tidur kurang dari delapan jam tapi tubuhnya terasa segar saat bangun.

Menurut para ahli, tidur yang baik tidak semata disandarkan pada durasinya, melainkan pada kualitasnya. Tidur yang ideal adalah tidur yang nyenyak, sehingga merasa segar saat bangun. Dan ini pun bisa dicapai meski durasinya kurang dari delapan jam. National Sleep Foundation (NSF) pernah membagikan tips pokok agar tidur berkualitas bisa tercapai.

Pertama, tetap ikuti jadwal tidur dan bangun harian, bahkan ketika akhir pekan. Jika memang biasa bangun siang (sebab tak mengganggu pekerjaan), maka lebih baik diteruskan. Hal ini membantu mengatur jam tubuh Anda sehingga tubuh otomatis ingin istirahat saat waktunya tiba. Agar jadwal terjaga, hindari tidur siang, sebab akan mengganggu jadwal tidur malam.

Kedua, atur kamar agar Anda bisa tidur senyaman mungkin. Kamar yang nyaman suhunya tidak terlalu dingin atau panas, dan tidak terpapar suara berisik (termasuk dari pasangan tidur yang ngorok). Matikan lampu hingga redup atau gelap total. Tutup jendela dan korden rapat-rapat. Jika memang dibutuhkan, pakailah penutup mata dan telinga.

Bonus tips yang juga sering disarankan oleh banyak ahli: hindari penggunaan ponsel pintar maupun gawai berlayar lain menjelang tidur. Baik untuk bermain media sosial, browsing, menonton video atau film, berkomunikasi lewat pesan singkat, mengedit foto atau video, apalagi bekerja. 

Matikan gawai, atau minimal pasang mode diam, lalu jauhkan dari tempat tidur. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan memegang gawai menjelang tidur justru bikin orang lebih susah tidur, susah nyenyak, dan dengan demikian menjauhkan dari tidur berkualitas.

Baca juga: Berbagai Bahaya Akibat Kurang Tidur

Related

Tips 4597321115835236448

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item