Mengenal Venture Capital, Sumber Dana untuk Startup

Mengenal Venture Capital, Sumber Dana untuk Startup

Naviri.Org - Startup butuh modal untuk pengembangan, dan dalam proses itu pendiri atau pemilik startup harus mendapatkan tambahan modal dari luar, jika tidak bisa atau kesulitan memodali dengan uangnya sendiri. Dalam hal itu, pemilik startup bisa mendapatkan suntikan modal dari Venture Capital.

Apa itu Venture Capital?

Venture Capital tengah naik daun sebagai sumber modal para startup di banyak negara, tak kecuali Indonesia. Perkembangannya sudah muncul sejak beberapa dekade lalu. Ihwal Venture Capital, merujuk apa yang diungkapkan Paul Gompers dalam jurnalnya berjudul “The Venture Capital Revolution” muncul kali pertama pada 1946.

American Research and Development (ARD) merupakan Venture Capital pertama yang didirikan oleh Karl Compton, yang merupakan President Massachusetts Institute of Technology dan George F. Doriot, profesor di Harvard Business School.

ARD awalnya melakukan investasi tinggi risiko dengan memberikan dana pada perusahaan berbasis teknologi yang sedang mengembangkan perangkat bagi Perang Dunia II, Digital Equipment Company (DEC). ARD mengucurkan dana sebesar $70 ribu pada DEC. Dalam perkembangannya, DEC menjadi perusahaan dengan nilai valuasi $355 juta.

Peranan Venture Capital tak melulu memberikan dana untuk menyokong startup berbasis teknologi. Namun, capaian Venture Capital terus berkembang dan sukses sebagai sumber dana startup untuk perusahaan teknologi dalam rentang 1980-an dan 1990-an. Sehingga Venture Capital melekat sebagai penopang perkembangan perusahaan teknologi. Di penghujung dekade 1990-an, hampir 60 persen dana yang disumbang Venture Capital masuk ke startup berbasis teknologi. Sebanyak 10 persen dana lainnya, meluncur pada startup kesehatan.

Di rentang dua dekade tersebut, nama-nama perusahaan besar seperti Apple Computer, Cisco Systems, Genentech, Microsoft, Netscape, dan Sun Microsystems, tercipta berkat bantuan Venture Capital.

Di abad ke-21, Venture Capital masih memainkan peran untuk perkembangan dunia startup teknologi di tengah sumber pendanaan lainnya seperti bursa saham. Keduanya bisa jadi kekuatan modal bagi perkembangan perusahaan rintisan.

Baca juga: Melihat Pertumbuhan Startup di Amerika, Eropa, dan Asia

Related

Money 2383786836029836268

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item