12 Vokalis Wanita Bersuara Thrash Metal Paling Memukau

12 Vokalis Wanita Bersuara Thrash Metal Paling Memukau

Naviri.Org - Umumnya, grup musik rock, apalagi trash metal, memiliki vokalis pria. Pasalnya, lagu-lagu metal membutuhkan kekuatan vokal yang khas—sangar, menggelegar, melengking, bahkan mengerikan—yang biasanya identik dengan karakter vokal pria.

Namun, di antara banyak grup musik rock metal di dunia, ada yang justru memiliki vokalis wanita. Meski begitu, mereka tak kalah gahar saat menyanyi, dan memukau penonton penggila trash metal.

Berikut ini adalah 12 vokalis wanita yang menjadi front-woman band-band trash metal dunia, yang tidak hanya cantik dan seksi, tapi juga gahar.

1. Angela Gossow (Arch Enemy) 

Angela Nathalie Gossow lahir pada 5 November 1974. Dia adalah vokalis Arch Enemy, band death metal asal Halmstad, Swedia, yang dibentuk pada 1996.

Angela gabung di Arch Enemy pada 2001, menggantikan vokalis Johan Liiva. Gaya bermusiknya dipengaruhi oleh Jeff Walker dari Carcass, David Vincent dari Morbid Angel, dan Dave Mustaine dari Megadeth. Warna vokal Angela Gossow yang nge-growll pas banget dengan genre band ini.

2. Morgan Lander (Kittie)

Kittie adalah band metal asal Kanada, beranggotakan 4 wanita gahar, yaitu Morgan Lander (vocalist/guitarist), Marcedes Lander (drummer), Tara McLeod (guitarist) dan Ivy Jenkins (bassist). Kittie dibentuk pada 1996 di London, dengan album pertama berjudul “Split”.

Grup metal ini naik daun dan sukses pada 1999, saat lagu “Brackish” dari debut album Split menjadi hit single. Kittie juga pernah mengiringi “Slipknot” dalam tour mereka di Inggris pada tahun 2000.

Karya-karya mereka yang terbilang masuk dalam genre Thrash dan Groove Metal tampak unik, yang membuat mereka berkembang selama dekade terakhir. Tentu saja dengan nu metal style para cewek cantik dan seksi.

3. Alexia & Anissa Rodriguez (Eyes Set to Kill) 

Alexia Rodriguez adalah gitaris yang merangkap vokalis, sedangkan Anissa Rodriguez adalah bassist, keduanya merupakan vokalis cantik Eyes Set to Kill, band beraliran post-hardcore yang barasal dari Phoenix, Arizona. Walau ada beberapa kalangan mengatakan band ini bukan band metal, tapi beberapa lagu yang mereka bawakan masuk kategori genre metal. Suara sang vokalis juga terbilang gahar.

Pada tahun 2010, Alexia dan Anissa masuk nominasi The Hottest Chicks in Metal, di ajang penghargaan Revolver Golden God Awards. Eyes Set to Kill juga sempat perform di Indonesia, pada 8–9 Juli 2011 lalu.

Dua bersaudara Alexia dan Anissa Rodriguez memulai band ini di tahun 2004, dengan formasi awal Lindsey Vogt sebagai vokalis. Namun, Lindsay keluar dari band karena alasan pribadi, sehingga Alexia mengambil alih sebagai vokalis dan gitaris, dipadu suara Anissa sang bassist. Kolaborasi vokal yang pas, antara karakter vokal yang growl, diiringi warna lain yang khas vokal rocker cewek. Cool!

4. Alissa White (The Agonist) 

Alissa White-Gluz adalah vokalis band metalcore asal Montreal, Kanada, bernama The Agonist. The Agonist lahir pada 2004, mencakup berbagai macam gaya dari klasik ke black metal. Allisa memadukan suara aslinya dengan suara growl khas metal. Penampilannya cenderung tak biasa, unik, plus style rambut yang sama unik.

Di balik wajahnya yang cantik, tersembunyi vokal yang garang. Syair-syair lagu yang dibawakan juga sering mengarah ke sisi sosial khas hardcore, seperti mengangkat isu- isu sosial yang ada, maupun kondisi-kondisi yang sedang tren.

5. Otep Shamaya (Otep) 

Otep Shamaya adalah vokalis band Otep, band metal dari Los Angeles, California, yang dibentuk pada tahun 2000. Mengikuti jejak musisi terkenal dari penyanyi folk Woody Guthrie, Otep Shamaya memposisikan dirinya sebagai salah satu katalis musik untuk perubahan sosial. Lirik lagu-lagu Otep kebanyakan melibatkan luapan emosional dari rasa sakit dan pelecehan.

Bahkan, hal-hal yang sangat pribadi, yang dituangkan dalam lagu-lagunya. Otep Samaya juga terbuka dengan mengaku bahwa dia seorang lesbian. Band Otep sempat bermain beberapa kali di Ozzfest, yang berawal dari ketertarikan Sharon Osbourne pada performa band ini, yang kemudian berlanjut ke kontrak label. Sejak itu, band ini telah merilis lebih dari lima album.

6. Ban Lesage (Shocker Stalin/Shocker X) 

Satu lagi vokalis cewek dengan suara nge-growl, Ban Lesage, vokalis band Shocker Stalin, atau biasa juga disebut Shocker X, band asal Buenos Aires, Argentina. Band ini mengusung genre metal, punk, dan tango (musik tradisioanal khas negara mereka).

Single perdana mereka yang sukses di pasaran berjudul “Us”. Kemudian disusul dengan lagu-lagu hits lain, seperti “Shock This” dan “With All My Hate”.

7. Maria Brink (In This Moment) 

Maria Brink adalah vokalis band heavy metal (metalcore melodi) In This Moment, yang dibentuk di North Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada tahun 2005. Berawal dari pertemuan Maria dengan Christ Howorth (lead guitar) di tahun yang sama, yang kemudian menulis lagu bersama, lalu mendirikan In This Moment bersama Jeff Fabb (drum), Blake Bunzel (guitar), dan Josh Newell.

Album pertama mereka, Beautiful Tragedy, dirilis pada 20 Maret 2007. Karakter vokal Maria yang melengking, jernih tapi garang dengan sekali-sekali nge ngrowl, pas dengan genre band. Di tahun 2010, Brink memenangkan nominasi The Hotest Chicks in Metal dalam ajang penghargaan Revolver Golden God Awards.

8. Kimberly Goss (Sinergy) 

Kimberly Goss adalah vokalis dan anggota pendiri band Sinergy dari Finlandia. Kimberly lahir di Los Angeles, dari ayah asal Korea dan ibu keturunan Jerman-Amerika. Kimberly adalah mantan istri Alexi Laiho, gitaris Children of Bodom.

Kim, sapaan akrabnya, pernah menjadi additional player di Children of Bodom sepanjang tur Eropa di tahun 1998, dengan mengisi posisi keyboard yang saat itu ditinggal keyboardist-nya yang sibuk. Saat itulah dia mulai dekat dengan Laiho yang kemudian berujung ke pernikahan.

Namun pasangan ini bercerai pada 2004. Meski tak lagi bersama, mereka masih tetap dekat. Selain bermain di Children of Bodom, Alexi Laiho juga merangkap sebagai gitaris di Sinergy.

9. Nathalie Geyer (Mystery Blue) 

Nathalie Geyer adalah vokalis Mystery Blue, band melodic heavy metal asal Strasbourg Perancis. Mystery Blue sebenarnya band lama, didirikan pada 1982 oleh sang gitaris, Fenzy Philippon.

Pada era itu, band ini sering perform sebagai band pembuka, mengikuti tour band-band terkenal, seperti Saxon, Def Leppard, Motorhead, dan lain-lain, menjelajah dari Perancis, Belgia, dan Jerman. Namun, setelah itu agak kurang terdengar gaungnya.

Sampai kemudian, pada 1996, Mystery Blue lahir kembali dengan formasi baru yang menambahkan Nathalie Geyer sebagai vokalis, untuk memberi perubahan di segi vokal. Formasi saat ini terdiri dari Frenzy (guitar), Nathalie (vocal), Vince (drum), dan Matt (bass).

Kekuatan suara Nathalie yang jernih melengking fantastik benar-benar pilihan yang tepat dan sempurna untuk memperkuat performa musik mereka yang heavy metal.

10. Candace Kucsulain (Walls of Jerico) 

Candace Kucsulain adalah vokalis band Walls of Jerico, band metalcore dari Detroit, Michigan, Amerika, yang dibentuk pada 1998. Sebelum bergabung dengan Walls of Jerico, Kucsulain menjadi vokalis Apathemy selama 2 tahun. Suara vokal dan aksi panggungnya sangat hebat.

Formasi band Walls of Jerico saat ini adalah Candace Kucsulain (vokal), Chris Rawson (guitar), Mike Hasty (guitar), Aaron Ruby (bass), dan Dustin Schoenhofer (drum).

11. Ji-In Cho (Krypteria) 

Ji In adalah penyanyi wanita berdarah Korea yang menjadi vokalis Krypteria, band rock metal gothic asal Jerman (Krypteriapolis). Wajah orientalnya sangat kontras dengan para personil band yang semuanya bule.

Ji-In belajar vokal dan piano di Musikhochschule. Bersama tiga temannya, Chris Siemons (guitar), Frank Stumvoll (bass), dan S.C Kuschnersrua (drum), mereka membuat gebrakan terpanas di Eropa dengan style musik yang keren dan dibumbui atmosfer misterius.

12. Quinn Weng (Seraphim) 

Quinn Weng adalah penyanyi asal Taiwan dengan vokal mezzo-soprano, yang merupakan vokalis utama Seraphim. Quinn bergabung di Seraphim pada 2004, menggantikan Pay Lee, vokalis sebelumnya. (Pay Lee meninggal dunia pada Juli 2011). Seraphim berdiri pada 2001, dan merupakan band heavy metal feat melodic power metal yang berasal dari Taipei, Taiwan.

Gaya musik band ini telah diakui secara luas di banyak website heavy metal, di lebih dari 35 negara di Eropa, Amerika, Asia, dan benua Oseania.

Baca juga: 7 Band Indonesia yang Kolaps Saat Ditinggal Personilnya

Related

Music 5203616795328523202

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item