Asal Usul Bisnis Bike-Sharing yang Kini Populer

Asal Usul Bisnis Bike-Sharing yang Kini Populer

Naviri.Org - Bike-sharing adalah layanan penyewaan sepeda yang sangat praktis sekaligus canggih. Sepeda-sepeda disediakan di sebuah stasiun tertentu, dan semuanya dalam keadaan terkunci. Siapa pun bisa menyewanya dengan cara mudah. Cukup mendatangi stasiun sepeda tersebut, lalu mendekatkan ponselnya ke bagian kunci sepeda. Saat data di ponsel terbaca oleh kunci sepeda, kunci yang canggih itu pun akan membuka, dan si penyewa bisa memakai sepeda tersebut.

Setelah sampai di tujuan, penyewa tadi bisa meletakkan sepedanya di mana pun, dan menguncinya kembali. Nantinya, petugas yang bekerja di perusahaan penyewaan itu akan dapat mendeteksi di mana saja sepeda ditinggalkan, dan akan dikumpulkan kembali ke stasiun-stasiun.

Sistem penyewaan sepeda berbasis digital kini sedang booming di Cina, khususnya di Hangzhou. Beberapa pemain layanan ini cukup banyak, yang menawarkan layanan dengan tarif 0,5 sampai 1 yuan per 30 menit. Pengguna cukup memakai layanan digital payment seperti Alipay hingga WeChat Pay. Setelah sampai tujuan, sepeda bisa ditinggal begitu saja, tanpa ada kewajiban mengembalikannya ke lokasi awal.

Semua ini berawal dari kejadian di satu hari di tahun 2014, di Peking University di Beijing, Cina. Serombongan sepeda dengan label “ofo bicycle” terparkir rapih di setiap sudut kampus. Para mahasiswa bisa meminjam untuk keperluan transportasi dalam kampus, dengan memanfaatkan aplikasi smartphone.

Sistem peminjaman sepeda lalu jadi fenomena, dan mendapat julukan “yellow tide”. Sistem bisnis itu tercipta oleh mahasiswa bernama Dai Wei, yang dibantu rekannya bernama Zhang Siding dan Xue Dong. Wei dan teman-temannya bukan tanpa alasan menggagasnya. Mereka merupakan mahasiswa anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) bernama PKU Cycling Association, yang mencintai bersepeda, dan lantas digabungkan dengan naluri bisnis Wei, hingga tercipta startup bike-sharing bernama Ofo.

“Jauh lebih menyenangkan untuk mendedikasikan apa yang benar-benar Anda nikmati, dan menciptakan pekerjaan darinya, daripada berburu pekerjaan biasa,” kata Wei, sebagaimana termuat dalam laman resmi Peking University.

Bike-sharing atau bicycle-sharing merupakan suatu sistem penyewaan sepeda berbasis aplikasi. Aplikasi digunakan untuk mencari keberadaan dan membuka kunci sepeda yang hendak dipinjam. Tarif umumnya berdasarkan durasi waktu peminjaman, yang akan otomatis tertagih atau terbayar pada aplikasi.

Baca juga: Kisah Suram di Balik Kuburan Sepeda di China

Related

Business 295488236577861477

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item