Cara agar Transfer Antar-Bank Bisa Gratis Tanpa Biaya

Cara agar Transfer Antar-Bank Bisa Gratis Tanpa Biaya

Naviri.Org - Urusan transfer-mentransfer uang lewat bank sudah menjadi hal biasa bagi banyak, khususnya bagi yang punya bisnis online atau memiliki lapak di marketplace. Ketika harus mengembalikan dana dari pembeli (misal karena stok barang kebetulan habis), transfer pengembalian harus dilakukan ke rekening bank si pembeli.

Dalam hal itu, kadang muncul masalah ketika bank yang digunakan si penjual dan si pembeli ternyata berbeda. Karena hasilnya bisa ditebak, yaitu munculnya biaya transfer atau biaya administrasi.

Ketika melakukan transaksi transfer antarbank, nasabah bank umumnya akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp5.000-6.500 per transaksi. Bank BCA, Mandiri, dan BNI, termasuk contoh perbankan yang memungut tarif Rp6.500 untuk transaksi transfer antar bank. Sementara Bank seperti CIMB Niaga menerapkan tarif Rp6.500 untuk transfer melalui ATM Bersama dan Prima, dan Rp5.000 untuk transfer kliring.

Jumlah yang cukup besar apabila transaksi dilakukan berkali-kali. Keresahan ini kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis oleh beberapa orang dengan membuat platform transfer antarbank gratis. Biasanya proses transfernya memakan waktu 20 menit.

Indonesia sudah memiliki beberapa startup yang menaungi aktivitas tersebut. Salah satu adalah Flip.id. Flip saat ini telah mengakomodir transfer antar sepuluh bank besar Indonesia, yakni BCA, BNI, BNI Syariah, BRI, CIMB, CIMB Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, dan Muamalat, dan BTPN Jenius.

Pengguna perorangan Flip bisa melakukan transfer gratis antarbank dengan limit maksimal Rp5 juta per hari. Namun, bila melebihi batas tersebut akan dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi. Sementara itu, untuk pengguna dari perusahaan, Flip membebankan biaya sebesar Rp3.500 per transaksi. Di sinilah celah keuntungan dari pengelola aplikasi semacam ini.

Di jajaran platform kedua, ada layanan mode web bernama Shiv. Ia memiliki limit transfer lebih kecil dari Flip, yakni Rp2 juta per hari. Namun, cara kerjanya serupa dengan Flip.id. Setiap transaksi dari pengirim akan melewati rekening perantara, baru diteruskan ke rekening penerima.

Sebelum melakukan transfer, pengguna terlebih dulu harus mengisi informasi mengenai jenis bank pengirim, dan bank tujuan serta nomor rekening tujuan. Selanjutnya, mereka akan diberi balasan rekening bank milik perantara yang sejenis dengan rekening milik pengirim.

Setelah pengirim melakukan transfer ke bank sejenis milik perantara, lalu transfer dilakukan oleh perantara menggunakan uang talangan di rekening bank sejenis milik penerima. Singkatnya, sebagai platform perantara, Flip atau Shiv harus punya banyak rekening untuk “dipinjam” penggunanya. Inilah yang menjadi dasar mengapa biaya transfer antarbank bisa tak dikenai biaya, dengan memanfaatkan pengiriman transfer sesama bank.

Selain itu ada Payfazz, IPOTPAY, dan bebasbayar.com sebagai platform keuangan dengan sistem kerja layaknya dompet elektronik. Mereka memfasilitasi kegiatan pembayaran pihak ketiga yang menghubungkan transaksi bussiness to customers sampai dengan bussiness to bussiness.

Penggunanya dapat melakukan isi ulang secara tunai, dan memakai dompetnya untuk melakukan transfer antarbank, membayar ragam tagihan seperti listrik, PAM, telepon, dan lainnya. Beberapa bank konvensional seperti BTPN jenius dan Digibank juga sudah memberikan layanan serupa.

Baca juga: Amankah Menggunakan Layanan Aplikasi Transfer Antar-Bank?

Related

Money 1760972383091303663

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item