Di Masa Depan, Cincin Pintar Akan Mengganti Ponsel Pintar

 Di Masa Depan, Cincin Pintar Akan Mengganti Ponsel Pintar

Naviri.Org - Saat ini, hmpir semua hal bisa dilakukan dengan smartphone atau ponsel pintar. Berkomunikasi, berkirim pesan, memotret, mengakses internet, bahkan melakukan transaksi pembayaran, semuanya dapat dilakukan menggunakan ponsel pintar. Kenyataannya, ponsel pintar memang mampu melakukan banyak hal—sesuatu yang mungkin dulu tak pernah terbayangkan.

Ponsel pintar saat ini juga sudah bisa terhubung dengan perangkat sandangan (wearable) lainnya, seperti jam tangan pintar. Selain jam tangan pintar, ada perangkat unik yang lebih kecil lagi ukurannya, yaitu cincin pintar.

Seperti dilansir Phonearena, sebuah perusahaan memulai kampanye di situs crowdfunding Kickstarter dengan gagasan untuk menciptakan sebuah cincin yang dapat diaktifkan dengan teknologi Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan dua gawai saling berkomunikasi saat berada pada jarak minimal tertentu.

Awalnya, kampanye produk ini sempat gagal, karena target yang tidak tercapai, namun perusahaan tetap optimistis untuk tetap melanjutkannya. Hingga akhirnya, produk mereka ini sudah tersedia untuk penjualan melalui sistem prapemesanan.

Lalu, apa kegunaan cincin pintar dengan teknologi NFC ini?

Android Authority menyebutkan, yang pasti cincin pintar diciptakan untuk memudahkan pembayaran hanya dengan mengetuk jari di semua contactless payment. Perangkat ini langsung terhubung dengan kartu debit pengguna.

Bentuknya yang kecil dan tahan air membuat perangkat sandangan ini bisa dikatakan hampir sama dengan kartu pembayaran pada umumnya.

Cincin NFC memiliki fitur lainnya seperti menggantikan fungsi kata kunci untuk membuka gawai elektronik sang pemakai yang terkunci. Untuk melakukannya, cincin hanya perlu ditempelkan ke perangkat tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa memindahkan (transfer) data seperti kartu nama untuk bisnis, kontak, tautan sebuah laman (website), ataupun data lainnya dengan menempelkan cincin pintar ke perangkat milik teman-teman.

Bahkan, perangkat ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan singkat berupa teks, dengan menempelkan cincin tersebut ke perangkat yang diinginkan.

Bukan hanya itu, cincin ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menjadi pengaman pintu rumah. Jadi Anda bisa mengunci dan membuka pintu rumah Anda menggunakan cincin tersebut.

Dinukil NFC World, pada Olimpiade Rio 2016, selain memberikan gelang elektronik, Visa juga menyuplai 45 atlet dengan cincin NFC ini, yang terhubung dengan akun Visa mereka masing-masing.

Cincin ini dibanderol dengan harga USD39-USD46,25 atau setara dengan Rp516.000-Rp612.000.

Baca juga: Computer Vision, Teknologi yang Ingin Meniru Mata Manusia

Related

Technology 8942889140492098502

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item