Film-film Horor Malaysia Terbaik dan Terseram (1)

Film-film Horor Malaysia Terbaik dan Terseram

Naviri.Org - Malaysia juga memiliki industri perfilman sebagaimana negara-negara lain, meski kita di Indonesia mungkin lebih mengenal film Hollywood daripada film Malaysia. Namun, makin hari, tampaknya popularitas film produksi Malaysia mulai dikenal dan diakui di Indonesia, juga di negara-negara lain.

Sebagaimana industri film di negara mana pun, industri film Malaysia juga menghasilkan film horor. Beberapa film horor Malaysia pernah sangat terkenal di beberapa negara, meski tidak sedikit yang jeblok di pasaran. Berikut ini adalah daftar film-film horor Malaysia, yang dianggap terbaik dan paling menyeramkan.

Munafik
Sutradara: Syamsul Yusof
Pemain Utama: Syamsul Yusof, Nabila Huda, Fizz Fairuz, Sabrina Ali, Pekin Ibrahim
Tahun Rilis: 2016

Berdasarkan data, budget film ini hanya sebesar RM 1,6 juta. Namun mereka berhasil meraup laba kotor sebesar RM 19 juta. Nominal ini langsung memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh film Polis EVO. Pencapaian keren ini mengarah pada nama Syamsul Yusof sebagai sutradara, penulis skrip, dan pemeran utamanya.

Syamsul Yusof berperan sebagai Adam, seorang ustadz yang bisa mengobati orang dengan cara Islami. Namun, suatu saat istrinya meninggal akibat kecelakaan. Imannya pun goyah. Ia tak menerima apa yang terjadi.

Sampai kemudian, datang perempuan bernama Maria. Ia anak orang kaya, yang “sakitnya” tak bisa diobati pihak medis mahal mana pun. Bagaimana juga, yang mengganggunya bukanlah penyakit biasa, melainkan jin atau iblis.

Orang tua Maria kemudian membujuk Adam agar mau mengobati puterinya. Tanpa disangka, peristiwa rumit dan mengerikan mulai melanda hidup rapuh Adam.

Jwanita
Sutradara: Osman Ali
Pemain Utama: Maya Karin, Bront Palarae, Christina Suzanne Stockstill, Marsha Milan 
Tahun Rilis: 2015

Deretan nama bintang dalam film ini sudah memberi jaminan akan kualitas Jwanita. Salah-satunya adalah Maya Karin yang menjadi Jwanita. Dia memerankan perempuan yang menderita secara fisik dan mental. Di tengah keadaan memilukan itu, ia harus menghadapi kenyataan kalau lelaki harapannya bertunangan dengan adik kandungnya sendiri.

Kondisi itu menumbuhkan dendam kesumat yang membuatnya lupa diri, sampai membangkitkan mayat dan membunuh orang-orang yang dianggapnya sudah mengganggu.

Film ini semakin lengkap dengan arahan dari Osman Ali, yang sudah kesohor prestasinya. Siap-siap dengan banyaknya scene berdarah, yang diklaim sebagai darah manusia asli hasil impor.

Mantra
Sutradara: Azhari Mohd Zaini
Pemain Utama: Zul Handyblack, Hasnul Rahmat Hasbi, Mas Muharni, Hamdan Ramli
Tahun Rilis: 2010

Kisah film ini langsung mengalir dengan menampilkan Muzir, seorang lelaki yang berambisi menguasai ilmu hitam. Dia menyimpan dendam pada Hasbi, seseorang yang sudah mengantarkannya ke penjara. Namun, di dalam sel yang sempat dilindungi ayat-ayat suci itu, dia justru sukses mendapatkan ilmu hitam.

Sebelumnya, ayat-ayat suci yang ada dipadamkan dulu. Namun syaratnya cukup rumit, termasuk dengan melakukan aksi pembunuhan.

Muzir, yang imannya sudah goyah, tentu tak lupa untuk menggunakan ilmu hitamnya pada orang ia musuhi, yaitu Hasbi. Film ini menunjukkan bahwa kelemahan iman bisa menggiring kita pada kesesatan.

Sumpahan Kum Kum
Pemain utama: Feroz, Putri Mardiana, Lydiawati, Echa, Maimon Mutalib, Kazar Saisi, Abdul Razak Ahmad
Tahun Rilis: 2012

Kisah film ini terinspirasi dari kisah kemunculan Hantu Kum Kum, yang sempat menggemparkan masyarakat di tahun 90-an. Inti ceritanya tentang seorang perempuan yang mengamalkan ilmu hitam. Ia berambisi memiliki wajah cantik selamanya. Namun, ia tak mampu menyempurnakan syarat yang ada. Upayanya pun gagal. Ia kemudian melampiaskannya pada gadis-gadis dara yang berwajah jelita.

Khurafat: Perjanjian Syaitan
Sutradara: Syamsul Yusof
Pemain utama: Syamsul Yusof, Liyana Jasmay, Sabrina Ali, Ed Eyzendy
Tahun Rilis: 2011

Mirip dengan Mantra, Khurafat mengangkat tema tentang perjanjian iblis dan manusia. Johan, suami Aishah, hidupnya terus terganggu oleh sesuatu yang tak kasatmata. Ada pula Anna, mantan pacar yang selalu mengusik rumah tangganya. Setelah perempuan malang itu mati bunuh diri, terungkaplah masa lalu Johan dan ikatan yang harus ia tunaikan.

Karak
Sutradara: Yusril Abd Halim
Pemain utama: Shahir AF8, Shera Aiyob, Kilafairy, Md Eyzendy
Tahun Rilis: 2011

Film ini mengisahkan empat muda-mudi yang akan kembali ke Kuantan dari Kuala Lumpur. Mereka adalah Zura, Ida, Nick, dan Jack. Keempatnya pulang melalui Lebuhraya Karak, namun ternyata keadaannya macet. Karena besoknya ada kelas pagi, mereka pun memutuskan untuk pulang lewat jalan lama.

Keputusan tersebut sekaligus mengubah hidup mereka secara total. Kejadian demi kejadian mulai menegangkan. Begitu juga ketika mereka bertemu Tok Malam. Aneka peristiwa mengerikan kembali terjadi. Kita bahkan akan dikejutkan oleh kenyataan kalau Ida, Nick, dan Jack, sebenarnya sudah meninggal, dan menjadi hantu yang menyesatkan Zura.

Histeria
Sutradara: James Lee
Pemain utama: Liyana Jasmay, Scha Al-Yahya, Yana Samsudin, Noris Ali
Tahun Rilis: 2008

Cerita film ini seperti memberi pesan untuk tidak bermain-main dengan dunia gaib. Menceritakan The Pink Ladies, geng yang pura-pura terkena histeria atau semacam kerasukan. Geng itu terdiri dari Alissa, Marina, Murni, Tini, Junita, dan Kerek. Mereka kemudian kena hukuman, yakni berupa denda dan membersihkan area sekolah sepekan lamanya.

Padahal, waktu itu siswa yang lain tengah libur semester. Mereka pun terpaksa tinggal di asrama yang terlihat menyeramkan. Keenamnya ditemani oleh Zeta, seorang pelajar baru.

Karena mereka memang bandel, Junita malah mengambil sesuatu yang bukan haknya. Padahal sesuatu itu bukan barang yang tampak berharga, melainkan berupa kain kuning, rambut, tulang, dan sirih. Korban demi korban pun berjatuhan dengan scene yang sangat memilukan dan menakutkan. Hanya Murni seorang yang selamat.

Baca lanjutannya: Film-film Horor Malaysia Terbaik dan Terseram (2)

Related

Film 6126801905325612891

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item