Mengapa Final Fantasy Menjadi Game Terkenal?

Mengapa Final Fantasy Menjadi Game Terkenal?

Naviri.Org - Menyebut game terkenal, mau tak mau kita harus menyebut Final Fantasy. Bukan hanya terkenal, Final Fantasy juga menjadi game yang fenomenal. Selain menyuguhkan grafis yang memukau, Final Fantasy juga memiliki permainan yang membedakannya dengan game-game lain.

Secara keseluruhan, Final Fantasy bahkan dianggap sebagai terobosan penting dalam genre game dunia. Jika sebelumnya game melulu hanya mengutamakan unsur bersenang-senang dan ketangkasan, Final Fantasy menekankan pentingnya jalan cerita.

Banyak yang percaya fitur role playing game atau permainan yang membuat kita memerankan tokoh, pertama kali diperkenalkan Dungeons & Dragons. Namun baru pada Final Fantasy ia dikembangkan menjadi permainan layaknya film petualangan.

Game ini mulanya diciptakan dan dikembangkan Hironobu Sakaguchi, serta diproduksi Square Soft (yang kemudian merger dengan Enix menjadi Square Enix). Produk pertama seri ini diluncurkan di Jepang pada 18 Desember 1987. Dari sanalah kemudian permainan tersebut berkembang ke seluruh dunia.

Final Fantasy adalah seri produk Squre Enix yang paling sukses berdasarkan laporan resmi Square pada 2014. Disebutkan bahwa dari 48 judul, Final Fantasy telah berhasil terjual lebih dari 110 juta paket game ke seluruh dunia.

Final Fantasy bukan sekadar permainan. Final Fantasy VII, salah satu puncak kefasihan game RPG sepanjang masa, menjadi bukti bahwa game sungguh-sungguh dapat menyelinap sebagai bagian penting kehidupan para penggemarnya.

Kat Bailey, analis dari Usgamer.net, menyebut bahwa RPG yang dihadirkan Final Fantasy VII telah menjelma kesadaran kolektif para penggemarnya. Ia tetap eksis di kepala para penggemarnya, bahkan ketika sedang melakukan kegiatan yang lain sekali pun.

Dalam game ini kita mengenal tokoh-tokoh seperti Sephiroth, Cloud, dan Aeris. Penderitaan Sepiroth membuat kita menyadari bahwa terlahir sempurna tidak membuatmu bahagia, masa lalu Cloud mengajari kita bahwa kadang penting untuk jujur pada diri sendiri, dan pengorbanan Aeris mengajari kita bahwa ada hal-hal yang tak bisa ditukar hanya dengan bersikap diam.

Maka, ketika Square Enix memutuskan kembali membuat Final Fantasy VII, kita tahu game ini akan menghadirkan kembali masa lalu yang pernah hilang.

Sementara menunggu Final Fantasy VII hadir, para penggemar bisa lebih dulu menikmati game terbaru Square Enix melalui Final Fantasy XV. Seri game ke 15 ini merupakan usaha Square memenangkan hati para penggemarnya. Banyak gamer dunia yang menganggap seri Final Fantasy sebenarnya telah selesai pada seri ke XII.

Beberapa menyebut era klasik game Final Fantasy berhenti pada seri ke IX saat Zidane dan Vivi mengalahkan kegelapan abadi Necron. Sementara seri final Fantasy X dan X-2 hanya sekedar nina bobo yang menonjolkan sensualitas minus cerita yang kuat. Tentu hal ini masih bisa diperdebatkan.

Kualitas Final Fantasy dianggap kian menurun ketika Hironobu Sakaguchi, pencipta dan konseptor awal game ini, pecah kongsi dengan Square. Kualitas cerita dan game kian menurun, meski game ini tetap memiliki pesona karena masih ada Nubuo Uematsu, komposer langganan, dan Tetsuya Nomura, desainer karakter berbagai Final Fantasy.

Lima elemen 

Pada 2012, Enix pernah merumuskan apa itu Final Fantasy. Dalam konferensi bertajuk Agni's Philosophy: Final Fantasy, Square Enix mendedah apa saja elemen yang membuat sebuah game layak menjadi Final Fantasy.

Ada lima elemen minimal yang membuat sebuah game layak dilabeli Final Fantasy dari Square Enix. Satu, unsur magic atau sihir yang membuat permainan menjadi lebih segar. Dua, elemen summoning yaitu monster pembantu untuk melawan musuh. Tiga, gorgeous beauty yang menghadirkan elemen sinematik yang membuat game ini tampak seperti film.

Empat, elemen refinement yaitu perbaikan sistem permainan yang dianggap sebagai perkembangan dari game sebelumnya. Lima, elemen change and challenge berupa cerita baru, narasi baru, dan tantangan baru yang berbeda dengan game sebelumnya.

Baca juga: 5 Orang yang Mengeluarkan Uang Terbanyak Demi Game

Related

Lifestyle 4951992346536919422

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item