Tihana Nemcic, Pelatih Sepak Bola Wanita Pertama di Dunia

Tihana Nemcic, Pelatih Sepak Bola Wanita Pertama di Dunia

Naviri.Org - Sepak bola adalah olahraga yang identik dengan laki-laki. Karenanya, kebanyakan orang yang terlibat dalam olahraga itu pun laki-laki, dari wasit sampai pelatih. Namun, ternyata, bukan berarti perempuan atau wanita tidak boleh memasuki olahraga sepak bola. Kenyataannya, Tihana Nemcic ditunjuk menjadi pelatih tim sepak bola Kroasia.

Tihana Nemcic berasal dari Kroasia, Eropa bagian timur. Kroasia adalah bagian Republik Sosialis Federal Yugoslavia, sebelum memutuskan memisahkan diri dan berdaulat pada tahun 1991.

Kroasia sejatinya bukanlah negara benteng feminisme. Namun, siapa sangka kalau klub sepakbola dari divisi 5 negara tersebut, NK Viktorija Vojakovac, memilih wanita sebagai pelatih kepala (manager) baru mereka?

Untuk hal tersebut, NK Viktorija Vojakovac menyatakan, “Tidak ada alasan mengapa alis mata dinaikkan bila mengetahui apa pekerjaannya. Bila seorang perempuan dan laki-laki memiliki kualifikasi yang sama secara profesional untuk melatih, saya lihat tidak ada alasan mengapa tidak dapat melatih tim putra.”

Tihana Nemcic sebelumnya bermain di tim putri Dinamo Zagreb, selama 10 tahun, dan berada di antara 15 finalis Miss Sport Kroasia pada 2008. Perlu diketahui bahwa perempuan yang berada dalam dunia laki-laki (sepakbola) barulah asisten wasit dari Inggris, Sian Massey.

Karena itu pula, menarik dan perlu ditunggu, apakah NK Viktorija Vojakovac mampu berbuat banyak dan berprestasi ketimbang memakai jasa pelatih laki-laki.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Gadis Payung di Arena Balap

Related

Sports 1387046559403597071

Recent

item