10 Novel Terlaris Sepanjang Sejarah

10 Novel Terlaris Sepanjang Sejarah

Naviri Magazine - Di antara banyak hiburan lain yang dikenal manusia, novel adalah salah satu bentuk hiburan yang telah berusia sangat tua. Setidaknya, novel telah akrab dalam kehidupan manusia sejak abad ke-16, ketika para penulis mulai menerbitkan dan mempublikasikan karya-karya mereka. Sejak itu, umat manusia mengenal novel sebagai hiburan sekaligus bacaan yang menyenangkan.

Selama berabad-abad kemudian, novel terus lahir dari banyak penulis di seluruh dunia. Di masing-masing negara ada banyak penulis, dan lahir novel-novel yang memukau dunia. Berdasarkan New York Times' Best Sellers, berikut ini adalah sepuluh novel terlaris sepanjang sejarah.

10. The Da Vinci Code
Total penjualan: 80 juta eksemplar

Novel karangan Dan Brown ini laris dan populer, karena dianggap mengungkap konspirasi tersembunyi. Setelah diangkat ke layar lebar, penjualan Da Vinci Code makin melonjak, hingga mencapai 80 juta kopi di seluruh dunia.

Cerita berkisah tentang pakar simbologi dari Universitas Harvard, Robert Langdon.  Ia dibangunkan oleh panggilan telepon di tengah malam. Kurator tua dari Louvre telah terbunuh di dalam museum, tubuhnya ditutupi simbol-simbol aneh dan misterius.

Kematian itu ternyata merupakan teka-teki yang harus dipecahkan, dan membawa Langdon menemukan jejak petunjuk tersembunyi dalam karya pelukis Leonardo Da Vinci. Petunjuk tersebut berhasil mengungkap fakta-fakta mengejutkan seputar umat manusia, yang selama ini disembunyikan banyak pihak.

9. She: A History of the Adventure
Total penjualan: 83 juta eksemplar

She adalah karya H. Rider Haggard yang dirilis pertama kali pada 1887. Bermodal pengetahuannya tentang Afrika dan legenda kuno, H. Rider Haggard mengungkapkan kisah tentang Aisyah, ratu suku Afrika Tengah yang misterius, dan konon memiliki kemampuan hidup abadi.

Ratu yang disebut dengan julukan "Dia-yang-harus-dipatuhi" oleh rakyatnya itu adalah perwujudan sosok perempuan yang sangat cantik dari legenda. Satu hal lagi, sang ratu bisa menjadi sosok yang lebih mematikan daripada laki-laki.

Novel She dianggap salah satu perintis novel ber-genre lost world, atau novel yang berkisah tentang dunia misterius yang "hilang" dari peradaban modern.

8. The Lion, the Witch, and the Wardrobe
Total penjualan:  85 juta eksemplar

Judul ini adalah serial kedua dari judul The Chronicles of Narnia. Ditulis oleh C.S. Lewis, novel ini bercerita tentang petualangan Peter, Susan, Edmund, dan Lucy, dalam dunia fiksi di balik lemari ajaib. Kisah klasik ini mengungkapkan berbagai hal fantastis dan menakjubkan, yang bisa membuat pembaca dari segala usia terpesona ketika membacanya.

The Lion, The Witch and the Wardrobe juga dilengkapi ilustrasi gambar dari Christian Burningham, yang membuat cerita makin indah. Novel ini wajib dibaca bagi penyuka cerita-cerita fantasi klasik.

7. And Then There Were None
Total penjualan: 100 juta eksemplar

Salah satu novel terbaik yang ditulis oleh spesialis penulis misteri, Agatha Christie.  Sama seperti novel karangannya yang lain, And Then There Were None disajikan dengan sangat cerdas, dan membuat pembacanya berpikir.

Kisah berkisar tentang sepuluh orang yang diundang ke rumah terasing di Pulau Negro, oleh tuan rumah yang misterius. Dengan cara yang misterius, satu per satu dari tamu undangan tersebut mati, sesuai lagu anak-anak berjudul Ten Little Indian. Novel ini juga secara perlahan mengungkap masa lalu yang kelam dan rahasia, yang berusaha disembunyikan oleh tiap tamu undangan.

6. Dream of the Red Chamber
Total penjualan: 100 juta eksemplar

Novel Cina yang ditulis oleh Cao Xueqin dan dirilis pada abad ke-18 ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Selama lebih dari setengah abad, Dream of Red Chamber telah diakui sebagai salah satu karya sastra terbesar Cina, berkisah tentang cerita Romeo-Juliet ala Cina yang mampu menggambarkan salah satu peradaban terbesar dunia.

Novel ini memiliki unsur romansa, drama, dan budaya yang sangat kental. Perpaduan ketiga unsur tersebut menjalin sebuah cerita yang mengaduk-aduk emosi pembaca. Kisah ini juga bisa disebut salah satu cerita cinta paling romantis di dunia.

5. The Hobbit
Total penjualan: 100 juta eksemplar

The Hobbit adalah novel berlatar dunia fantasi cipatan J.R.R Tolkien, yang dipublikasikan sebelum karya terbesarnya, The Lord of the Rings.

Ditulis sebagai pendahuluan The Lord of the Rings, The Hobbit menceritakan Bilbo Baggins, seorang hobbit yang kehidupannya damai dan tenang, berubah 180 derajat ketika bergabung dengan penyihir Gandalf dan tiga belas kurcaci dalam sebuah petualangan untuk merebut kembali harta curian.

Dalam perjalanan yang penuh bahaya, Bilbo Baggins harus menghadapi penjaga harta tersebut, yaitu seekor naga yang paling ditakuti di alam semesta. Karya ini disebut oleh The Times of London sebagai karya literatur yang mendekati kesempurnaan.

4. Le Petit Prince
Total penjualan: 100 juta eksemplar

Ditulis oleh novelis Prancis, Antoine de Sant-Exupery, novel yang bisa diterjemahkan menjadi Pangeran Kecil ini adalah buku yang paling banyak diterjemahkan dari bahasa Prancis ke berbagai bahasa di dunia.

Novel ini bercerita tentang seorang anak kecil yang meninggalkan planet kecilnya yang aman, sendirian menempuh perjalanan menjalajahi alam semesta. Dalam petualangannya, sang Pangeran Kecil mempelajari keanehan perilaku orang dewasa melalui serangkaian pertemuan yang unik, lucu, dan fantastis.

Sepintas, novel ini tampak seperti cerita anak-anak. Namun, jika didalami,  sebenarnya ada makna tersembunyi yang ingin disampaikan sang penulis.

3. The Lord of the Rings
Total penjualan: 150 juta eksemplar

Trilogi The Lord of the Rings adalah salah satu karya sastra yang paling banyak dibaca, dan sangat berpengaruh sepanjang masa. Diterbitkan pada 1954, The Lord of the Rings menceritakan petulangan penyihir Gandalf dan seorang hobbit muda bernama Frodo Baggins, dalam sebuah perjalanan berbahaya untuk menghancurkan sebuah cincin misterius.

Cincin itu adalah senjata ampuh yang dimiliki Pangeran Kegelapan bernama Sauron. Dengan kekuatan cincin tersebut, Sauron berencana menghancurkan dunia yang aman dan damai. Cara untuk mencegah hal tersebut adalah mengembalikan cincin ke Mordor, satu-satunya tempat yang dapat menghancurkan cincin tersebut.

Cerita fantasi ini benar-benar memikat, dan merupakan salah satu yang terbaik sepanjang sejarah manusia.

2. A Tale of Two Cities
Total penjualan: 200 juta eksemplar

Ditulis oleh sastrawan Inggris, Charles Dickens, A Tale of Two Cities bercerita tentang kehidupan Dokter Manette yang akhirnya bisa bertemu kembali dengan putrinya di Inggris, setelah delapan belas tahun menyandang tahanan politik di penjara Bastille.

Dalam cerita ini, ada kehidupan dua orang yang sangat berbeda, Charles Darnay, seorang aristokrat Prancis yang tampan, dan Sydney Carton, yang berwajah jelek tapi sangat pandai. Kedua pemuda tersebut jatuh cinta dan ingin meminang putri Dokter Manette.

Kisah cinta yang terkesan sederhana itu secara tak terduga berubah menjadi penuh darah dan berbagai adegan yang sangat dramatis. Jika mencari sebuah kisah cinta yang lebih dari sekadar romansa, A Tale of Two Cities adalah bacaan yang sangat tepat.

1. Harry Potter
Total penjualan: 450 juta eksemplar

Karya J.K. Rowling ini adalah fenomena tersendiri di dunia literatur. Serial Harry Potter, yang terdiri dari tujuh buku, terjual sebanyak 450 juta eksemplar di seluruh dunia. Hal ini secara otomatis menjadikan Harry Potter sebagai novel terlaris sepanjang sejarah.

Novel ini berkisah tentang kehidupan Harry Potter, anak lelaki malang yang diadopsi oleh paman dan bibinya yang kejam. Kehidupannya berubah drastis ketika Harry mengetahui bahwa dirinya adalah penyihir yang mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan dunia sihir dari kehancuran.

Ia pun memulai hidup barunya dengan bersekolah di sebuah akademi sihir bernama Hogwarts, tempat ia mengalami berbagai pengalaman fantastis hingga petualangan berbahaya untuk melawan Lord Voldemort, penyihir jahat yang mengancam kehidupan umat manusia.

Baca juga: Trilogi The Maze Runner, Kisah di Balik Labirin Misterius

Related

Books 3687505786209161317

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item