10 Orang Terkaya Korea Selatan dan Sumber Kekayaan Mereka

 10 Orang Terkaya Korea Selatan dan Sumber Kekayaan Mereka

Naviri Magazine - Korea Selatan mengekspor banyak hal ke berbagai negara di dunia, dari mobil, ponsel, sampai aneka hiburan. Samsung, salah satu merek ponsel terkenal, berasal dari Korea Selatan. Begitu pula Hyundai, merek mobil terkenal, juga berasal dari sana. Lalu K-Pop, yang kini melanda negara mana pun, juga lahir dari Korea Selatan.

Dengan berbagai industri luar biasa besar itu, wajar jika di Korea Selatan muncul orang-orang super kaya. Kenyataannya, sebagian besar orang terkaya di Korea Selatan memang menguasai bisnis-bisnis yang sangat terkenal. Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh orang terkaya di Korea Selatan, dan sumber kekayaan mereka.

1. Lee Kun Hee

Inilah pria di balik perusahaan terkenal Samsung. Kekayaannya mencapai USD12,6 miliar, atau sekitar Rp122,22 triliun. Samsung telah menjual jutaan ponsel di berbagai negara, dan mengklaim menguasai 10,3 market share ponsel di dunia.

Kun Hee menanam dinasti bisnisnya di Korsel, Jepang, dan Hawaii. Dia juga memenangkan sengketa dengan saudaranya, dan mengklaim USD800 juta saham Samsung adalah miliknya. Istrinya, Ra Hee Hong, adalah orang paling berpengaruh di dunia seni Korea, dengan pendapatan USD1,5 miliar.

2. Chung Mong Koo

Dia CEO Hyundai yang terkenal dan melegenda, dengan kekayaan USD5,4 miliar. Perusahaannya menjual jutaan unit Hyundai dan Kias, yang menjadi mobil dengan penjualan nomor empat terlaris di dunia.

Dia juga memiliki bisnis di infrastruktur, dengan ikut memenangkan kontrak di Indias Delhi Metro Rail Corp, senilai USD885 juta.

3. Jay Y Lee

Pria dengan dua anak ini adalah CEO Samsung. Kekayaannya mencapai lebih dari USD4,2 miliar. Dia berhasil membuat Samsung Galaxy S III laris manis mengalahkan IPhone 4S.

4. Chung Eui Sun

Pria lulusan Universitas San Fransisco ini juga mendapatkan kekayaannya dari Hyundai. Kekayaannya mencapai USD2,6 miliar. Eui Sun menjadi Wakil Presiden Hyundai sejak tahun 2009, setelah keluar dari Kia.

5. Shin Dong Bin

Lelaki ini adalah CEO raksasa ritel Korea, Lotte, dengan kekayaan USD2 miliar. Shin Dong yang memiliki tiga anak ini berencana untuk terus membuka gerainya di kota-kota lain di luar negeri. Dia juga merambah bisnis hotel dan lapangan golf.

6. Sun Kyung Bee

Kekayaan pria ini mencapai USD1,95 miliar, berasal dari bisnis kecantikan lewat produknya, Amorepacific. Dia juga berbisnis parfum di China lewat perusahaannya, Annick Goutal. Bintang utama iklan produk kecantikannya adalah artis kenamaan Korea, Song Hye Kyo.

7. Shin Chang Jae

Pria dengan pendidikan dokter di Universitas Nasional Korea ini memiliki kekayaan mencapai USD1,92 miliar dari bisnis asuransi kesehatan yang terbesar ketiga di Korsel.

8. Shin Dong Joo

Dia adalah kakak Shin Dong Bin, yang juga mendapatkan kekayaannya dari bisnis ritel, Lotte. Kekayaannya mencapai USD1,9 miliar. Posisisnya saat ini adalah wakil CEO Lotte.

9. Lee Hwa Kyung

Satu-satunya perempuan di daftar 10 orang terkaya di Korea Selatan ini memiliki kekayaan USD1,8 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari perusahaan Orion. Lini usaha utamanya bergerak dari entertaiment dan restoran, bisnis yang termasuk ke dalam top investasi di bidangnya.

10. Lee Jay Hyun

Lee Jay Hyun memiliki kekayaan USD1,7 miliar, dan mendapatkan kekayaannya dari demam wabah K-Pop yang merajalela di seluruh dunia. Dia adalah CEO CJ Group, yang bergerak di bidang film dan musik. Dari bisnis ini, kekayaannya melompat 70 persen selama setahun.

Lee Jay Hyun adalah generasi termuda pendiri Samsung, yang kemudian memisahkan diri dari Samsung pada 1997. CJ adalah lokomotif di bisnis manufaktur dan ekspor-impor. Pendapatannya dari bisnis ini juga besar, sekira USD25 juta.

Baca juga: 5 Blogger Paling Berpengaruh dan Paling Kaya di Dunia

Related

Money 9007288158795597078

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item