12 Stadion di Rusia, Tempat Digelarnya Piala Dunia 2018

12 Stadion di Rusia, Tempat Digelarnya Piala Dunia 2018

Naviri.Org - Ajang sepak bola terbesar, Piala Dunia 2018, sudah di ambang mata. Kali ini, Rusia menjadi tuan rumah acara spektakuler ini, dan tampaknya melakukan upaya habis-habisan untuk menyambut datangnya Piala Dunia yang akan segera tiba. Persiapan besar-besaran tentu difokuskan pada stadion-stadion yang akan menjadi lokasi pertandingan.

Terkait stadion, Rusia tidak hanya memugar dan merombak stadiion-stadion yang sudah ada agar lebih besar dan lebih luas, namun juga membangun stadion-stadion baru dengan fasilitas yang lebih bagus dan mewah.

Sebanyak 12 stadion yang tersebar di 11 kota pun telah dipilih, dan dirombak untuk pertandingan final. Berikut adalah daftar 12 stadion megah yang akan jadi saksi lahirnya Juara Dunia 2018, beserta penjelasan pertandingan di setiap lokasi.

Luzhniki Stadium
Kota: Moskow 
Kapasitas: 81.000 orang

Fans Man United dan Chelsea akan sangat akrab dengan stadion ini, karena Luzhniki Stadium jadi tempat Final Liga Champions 2008. Sebelumnya, bagian dalam stadion telah dihancurkan, dan dibangun kembali sejak 2013.

Bagian lintasan lari di dalam stadion pun dihilangkan, guna membangun atmosfer pertandingan dan menambah kapasitas stadion menjadi 81.000 orang. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Rusia vs Arab Saudi, Jerman vs Meksiko, Portugal vs Maroko, Denmark vs Prancis

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Semifinal, Final

Spartak Stadium
Kota: Moskow
Kapasitas 45.360 orang

Stadion Spartak merupakan kandang resmi Klub Spartak Moskow, yang dibuka pada 2014. Stadion yang juga dikenal dengan sebutan Otkrytiye Arena ini juga menjadi lokasi yang digunakan untuk Piala Konfederasi 2017.

Salah satu keunikan stadion yang mampu menampung 45.360 penonton ini adalah keberadaan patung Stratostin bersaudara, pendiri klub, yang berlokasi di belakang salah satu gawang. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Argentina vs Islandia, Polandia vs Senegal, Belgia vs Tunisia, Serbia vs Brasil

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar

Kazan Arena
Kota: Kazan 
Kapasitas: 45.379 orang

Kazan Arena merupakan markas Rubin Kazan sejak tahun 2013. Stadion ini juga menjadi salah satu tempat Piala Konfederasi 2017 untuk menggelar salah satu laga semifinal.

Keunikan stadion ini terletak pada layar besar yang melebar sepanjang satu tribun, dan menjadikannya stadion dengan layar luar terbesar di Eropa. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Prancis vs Australia, Iran vs Spanyol, Polandia vs Kolombia, Korea Selatan vs Jerman

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Samara Arena
Kota: Samara 
Kapasitas : 44.918 orang

Stadion Cosmos Arena menjadi salah satu venue unik dalam laga Piala Dunia 2018. Dibangun dalam bentuk kubah kaca ala luar angkasa di kota Samara, stadion ini menjadi bentuk penghormatan terhadap peran kota Samara dalam program eksplorasi ruang angkasa di Uni Soviet, dan keunggulan bisnis serta riset luar angkasa yang berkelanjutan di kota tersebut. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Kosta Rika vs Serbia, Denmark vs Australia, Uruguay vs Rusia, Senegal vs Kolombia

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Mordovia Arena 
Kota: Saransk 
Kapasitas: 45.015 orang

Kontruksi Mordovia Arena dan infrastrukturnya mulai dibangun pada 2010 silam, dan baru dibuka pada 21 April dengan pertandingan uji coba. Kapasitas awal stadion ini adalah 28.000 penonton, namun khusus untuk Piala Dunia 2018 kapasitas ditambah hingga 45.015. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Peru vs Denmark, Kolombia vs Jepang, Iran vs Portugal, Panama vs Tunisia

Pertandingan Babak Gugur: -

Rostov Arena
Kota: Rostov 
Kapasitas: 45.000 orang 

Rostov Arena telah melakukan renovasi, salah satunya penambahan kapasitas penonton, dan telah dibuka pada Mei 2018, bersamaan dengan dibukanya taman yang berdekatan dengan stadion, termasuk jalur khusus sepeda sepanjang tujuh kilometer, trotoar, dan area hijau. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Brasil vs Swiss, Uruguay vs Arab Saudi, Korea Selatan vs Meksiko, Islandia vs Kroasia

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar

Fisht Stadium
Kota: Sochi 
Kapasitas: 47.659 orang

Stadion yang terletak di kota Sochi ini awalnya dibangun untuk Olimpiade dan Paralympic pada 2014. Konstruksi yang sebelumnya merupakan arena indoor tertutup akhirnya diubah menjadi stadion sepakbola terbuka yang memenuhi regulasi FIFA, agar dapat digunakan pada turnamen lain seperti lokasi Piala Konfederasi. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Portugal vs Spanyol, Belgia vs Panama, Jerman vs Swedia, Australia vs Peru

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Ekaterinburg Arena
Kota: Yekaterinburg 
Kapasitas: 35.000 orang

Ekaterinburg Arena disebut sebagai stadion paling aneh yang dibangun Rusia untuk Piala Dunia. Stadion yang dikenal sebagai Central Stadium di Yekaterinburg ini sebelumnya tempat multifungsi yang dibongkar penuh untuk Piala Dunia.

Bila sebelumnya stadion hanya berkapasitas 25.000 kursi, kini dibangun tribun tambahan yang berada di luar stadion, agar bisa memenuhi aturan FIFA tentang kapasitas minimal stadion sebanyak 35.000 kursi. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Mesir vs Uruguay, Prancis vs Peru, Jepang vs Senegal, Meksiko vs Swedia

Pertandingan Babak Gugur: -

Volgograd Arena
Kota: Volgograd 
Kapasitas: 45.568

Stadion ini didesain khusus untuk Piala Dunia, yang dibangun di atas Central Stadium milik Rotor terdahulu, yang dihancurkan pada 2014. Stadion ini mampu menampung sekitar 45.568 penonton. Meski terbilang baru, ukurannya relatif besar dengan desain yang sangat menarik. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Tunisia vs Inggris, Nigeria vs Islandia, Arab Saudi vs Mesir, Jepang vs Polandia

Pertandingan Babak Gugur: Tidak ada

Nizhny Novgorod Stadium
Kota: Nizhny Novgorod 
Kapasitas: 44.899 orang

Nizhny Novgorod Stadium memiliki pemandangan yang luar biasa, karena lokasinya berdampingan dengan beberapa tempat yang indah di kota tersebut. Setelah Piala Dunia, stadion ini akan digunakan oleh tim olahraga lokal untuk berlatih sepak bola. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Swedia vs Korea Selatan, Argentina vs Kroasia, Inggris vs Panama, Swiss vs Kosta Rika

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Perempat Final

Kaliningrad Stadium
Kota: Kaliningrad 
Kapasitas 35.212 orang

Kaliningrad bisa dibilang unik dibanding kota tuan rumah lainnya, karena tidak terletak di daratan Rusia, tetapi berada di tengah Polandia dan Lithuania. Stadion ini terbilang yang terkecil dibanding arena lain yang digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2018, karena hanya memiliki kapasitas 35.212 kursi. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Kroasia vs Nigeria, Serbia vs Swiss, Spanyol vs Maroko, Inggris vs Belgia

Pertandingan Babak Gugur: -

Krestovsky Stadium
Kota: Saint Petersburg 
Kapasitas: 68.134 orang

Krestovsky Stadium menjadi salah satu yang termegah di Rusia. Dengan desain mirip pesawat ruang angkasa, stadion ini dilengkapi fasilitas yang mewah dan modern, salah satunya atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis. Lihat foto-fotonya di sini.

Pertandingan Babak Grup: Maroko vs Iran, Rusia vs Mesir, Brasil vs Kosta Rika, Nigeria vs Argentina

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16-besar, Semifinal, Perebutan Tempat Ketiga

Baca juga: 100 Film Olahraga Terbaik Sepanjang Masa

Related

Sports 3546447170012973802

Recent

item