5 Tips Hemat Kuota Internet Saat Nonton YouTube dan Video Online

5 Tips Hemat Kuota Internet Saat Nonton YouTube dan Video Online

Naviri.Org - Menyaksikan YouTube sudah menjadi keseharian banyak orang saat ini, sebagaimana menonton video online. Kenyataannya, bagi banyak orang, YouTube dan video online semacam Netflix, Iflix, dan lainnya, lebih menarik daripada televisi. Karenanya, anak-anak zaman sekarang lebih sering menonton YouTube dan video online daripada menonton televisi.

Yang masih jadi soal, menonton video online atau di YouTube membutuhkan kuota internet. Semkin sering kita menonton video, semakin banyak pula kuota kita yang tersedot. Dalam hal ini, menonton video bahkan lebih banyak memakan kuota, dibandingkan mengakses media sosial, misalnya.

Karena itu, kalau kita termasuk yang suka menonton video online atau YouTube, tapi juga ingin menghemat kuota internet, tips berikut ini bisa diperhatikan.

Turunkan kualitas video

Semakin tinggi kualitas video yang kita tonton, semakin banyak pula kuota internet yang dipakai. Begitu juga sebaliknya, kalau kualitas video disetel rendah maka kuota internet yang terpakai semakin dikit.

Gunakan aplikasi data saving

Kita juga bisa menggunakan aplikasi data saving untuk mengurangi data yang terpakai selama menonton video secara online. Ketika menonton YouTube atau video online, umumnya aplikasi data saving mampu menghemat data lebih dari 50%. Selain itu, aplikasi ini mampu membantu gadget kita untuk menghemat data saat men-download gambar. 

Aktifkan data limit

Ini cara paling mudah untuk dapat menghemat kuota internet. Untuk gadget berbasis Android, kita bisa masuk ke menu setting, lalu atur opsi pengaturan data. Aktifkan notifikasi data usage, sehingga kita akan mendapatkan notifikasi mengenai besarnya data yang sudah digunakan.

Simpan video yang sering ditonton

Ini tips untuk yang sudah punya anak. Biasanya, anak kecil suka menonton video yang itu-itu saja. Karena itu, sebaiknya simpan saja video-video yang sering ditonton, jadi bisa ditonton kapan saja tanpa memerlukan kuota internet.

Download YouTube Go

YouTube Go bisa menjadi jawaban buat kita yang suka nonton YouTube tapi mau hemat data. Lewat YouTube Go, kita masih tetap dapat menonton video walau dalam keadaan offline.

Di YouTube Go, video yang kita klik tidak akan langsung dimainkan, tapi akan ada pilihan “Play or Download”. Jadinya, kuota internet kita tidak akan langsung terpakai.  Kalau pilih download, maka kita akan ditawari untuk memilih resolusi video, mau yang tinggi atau rendah. Sekali lagi, itu akan menghemat kuota internet kita.

Baca juga: 10 Film Hot Indonesia yang Paling Populer di YouTube

Related

Internet 2754460025671621447

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item