AADC?, Film Indonesia Paling Fenomenal Sepanjang Masa

 AADC?, Film Indonesia Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Naviri.Org - Hampir bisa dipastikan semua orang Indonesia mengenal film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC?). Film yang dirilis pada 2002 ini kembali membuktikan tangan dingin duo Mira Lesmana dan Riri Riza. Namun kali ini mereka hanya sebagai produser. Kursi sutradara diduduki Rudi Soedjarwo.

Idola baru pun lahir dari film ini, yaitu Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Puisi-puisi lama karya Chairil Anwar kembali mengemuka. Kabarnya, AADC? ditonton lebih dari 2 juta orang saat tayang di bioskop.

Album soundtrack yang digarap Melly Goeslaw dan Anto Hoed juga meraih sukses. Tapi, yang tak kalah penting, AADC? menjadi pemicu utama diadakannya kembali Festival Film Indonesia (FFI).

Keberhasilan Petualangan Sherina, Jelangkung, dan kemudian AADC?, memantapkan rencana untuk kembali menyelenggarakan FFI, yang terakhir diadakan pada 1992. Setelah 12 tahun kemudian, FFI kembali digelar pada 2004. Hasilnya, AADC? meraih sejumlah piala, termasuk untuk Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik.

Baca juga: Badai Pasti Berlalu, Film dengan Soundtrack Paling Fenomenal

Related

Film 3034840597425111016

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item