Munculnya Bug di Google Search yang Sangat Aneh

Munculnya Bug di Google Search yang Sangat Aneh

Naviri.Org - Bug adalah istilah umum untuk menyebut suatu masalah yang terjadi pada perangkat elektronik, termasuk situs di internet. Dalam membangun suatu situs, developer tentu sudah berupaya maksimal agar situs yang ia bangun benar-benar tak memiliki masalah. Namun, masalah bisa saja muncul dalam wujud tak terduga, dan itulah yang disebut bug.

Kenyataan itu tidak hanya ada di situs-situs tak terkenal, karena situs sebesar Google pun ternyata menyimpan bug.

Seperti yang baru-baru ini dilaporkan, mesin pencarian Google dilaporkan menyimpan bug. Salah satu pengguna Reddit pertama kali melaporkan hal ini. Ketika menulis kata "the1975..com" pada kolom Google Search di aplikasi mobile, yang keluar adalah pesan singkat (SMS) terakhir yang tersimpan di ponsel tersebut.

Penemuan bug ini ditemukan ketika pengguna Reddit tersebut hendak mencari situs band rock asal Inggris, The 1975, namun terjadi salah ketik sehingga ada dua titik sebelum domain.

Beberapa pengguna ponsel Android seperti OnePlus, Samsung, LG, Motorola, dan Huawei, dilaporkan mengalami masalah tersebut. Bug akan muncul di aplikasi Google Search mobile yang terpasang diperangkat. Masalah ini tidak akan muncul di peramban lain, seperti Chrome.

Selain kata "the1975..com", bug yang sama juga disebut muncul ketika mengetikkan kata "zela viagens". "izela viagens" dan "vizel viagens", atau kombinasi dari karakter serupa, seperti "the1975.#com".

Fungsi tersebut akan muncul kadangkala. Pengguna akan diarahkan ke opsi "show text messages" (tunjukan pesan) untuk melihat isi SMS di perangkatnya.

Tak hanya berupa ketik, bug ini juga muncul ketika menggunakan perintah suara di Google Assitant.

Isi SMS terakhir hanya akan muncul ketika pengguna mengizinkan akses Google App ke SMS. Pengguna bisa menonaktifkan akses tersebut, namun dengan konsekuensi Google Assistant tidak bisa membaca pesan yang diperintahkan.


Related

News 4757173386571093377

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item