Cara Menghemat Kuota Data Saat Membuka FB, IG, dan Twitter

 Cara Menghemat Kuota Data Saat Membuka FB, IG, dan Twitter

Naviri.Org - Facebook, Instagram, dan Twitter, adalah tiga media sosial populer yang digunakan banyak orang. Masing-masing media sosial tersebut memiliki ciri dan fungsi tersendiri. Namun, ada satu persamaan di antara ketiganya, yaitu keberadaan video.

Ketika kita mengakses video di media sosial tersebut, mau tak mau kuota data internet kita akan tersedot. Apalagi, video-video di media sosial itu umumnya langsung terputar begitu kita melihatnya.

Video menjadi salah satu elemen penting pada layanan media sosial akhir-akhir ini. Namun, pemutaran video mengonsumsi data internet paling besar dibandingkan konten lain seperti teks dan foto.

Apalagi layanan media sosial semacam Facebook, Instagram, dan Twitter, memutar video secara otomatis alias autoplay ketika pengguna membuka aplikasi.

Padahal, tak semua video yang dibagi teman menarik untuk ditonton. Mekanisme ini bisa dibilang tak efisien. Sebenarnya, Anda bisa menyetel pengaturan pada aplikasi media sosial agar menyetop mekanisme autoplay.

Penyetelan itu akan membuat Anda mengonsumsi data lebih cerdas dan bijak, karena cuma video yang ingin ditonton yang menguras data. Facebook, Instagram, dan Twitter punya pengaturan berbeda-beda untuk menyetop autoplay, sebagai berikut.

Facebook

Untuk pengguna iPhone, cara menyetop autoplay cukup dengan menekan ikon menu burger (tiga garis menumpuk) pada sisi kanan bawah antarmuka aplikasi Facebook.

Selanjutnya, pilih "Settings" lalu "Account Settings". Gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan pilihan "Videos and Photos". Temukan opsi "Autoplay" dan klik "Never Autoplay Videos".

Sementara itu, untuk pengguna Android, cara mengubah setelah autoplay lebih simpel. Pengguna cukup menekan ikon burger di sisi kanan atas antarmuka aplikasi Facebook.

Lantas, gulir ke bawah untuk menemukan opsi "Autoplay" dan pilih "Never Autoplay Videos".

Instagram

Untuk sementara, Instagram belum menyediakan opsi untuk menyetop autoplay secara keseluruhan. Tapi, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data, yakni memilih opsi "Use Less Data".

Opsi tersebut akan menghentikan mekanisme pre-loading video ketika Anda membuka aplikasi. Jadi, video hanya akan terputar otomatis ketika Anda menggulir layar dan sampai pada konten tertentu.

Cara mengaktifkan "Use Less Data" berbeda di iOS dan Android. Untuk Instagram di iOS, tekan ikon gear pada sisi kanan atas antarmuka aplikasi. Selanjutnya pilih "Cellular Data Use" dan aktifkan "Use Less Data".

Mekanisme di Android serta merta mirip. Hanya saja, pada tahap awal pengguna harus menekan ikon tiga titik, bukan ikon gear. Lalu tekan "Cellular Data Use" dan aktifkan "Use Less Data".

Twitter

Belakangan Twitter yang merupakan layanan mikroblog berbasis teks juga gencar mengembangkan konten video. Karenanya, penyetopan autoplay menjadi penting.

Pada iPhone, langkah awalnya adalah menekan ikon gear dan tekan "Settings". Pilih "Data", cari "Video Autoplay", dan aktifkan "Never Play Videos Automatically".

Sementara di Android, tekan foto profil Anda untuk masuk ke navigasi "Settings". Selanjutnya, pilih "Data" dan tekan "Video Autoplay". Terakhir, Anda tinggal mengaktifkan "Never Play Videos Automatically".

Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Tips Hemat Kuota Internet Saat Nonton YouTube dan Video Online

Related

Smartphone 7246080933022335910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item