Kehidupan, Keluarga, dan Karier Elvy Sukaesih

Kehidupan, Keluarga, dan Karier Elvy Sukaesih

Naviri Magazine - Elvy Sukaesih lahir di Jakarta, 25 Juni 1951, dan terkenal sebagai penyanyi dangdut legendaris Indonesia, bahkan dijuluki sebagai “Ratu Dangdut”.

Ia lahir dari pasangan asal Sumedang, Jawa Barat. Aslinya bernama Else Sukaesih, namun ia terobsesi menghubah namanya setelah membaca sebuah novel yang mengisahkan seorang tokoh wanita bernama Elvy. Sejak itulah, ia lebih memilih menggunakan nama Elvy untuk nama depannya.

Karier

Bakat bernyanyi Elvy Sukaesih diturunkan dari ayahnya. Ayahnya seorang pemusik yang biasa mengisi acara perhelatan pernikahan di sekitar Jawa Barat. Elvy mulai menyanyi sejak di bangku kelas 3 SD, ketika mengikuti ayahnya mengisi sebuah acara pernikahan di Sukabumi, sekitar tahun 1964.

Kala itu, ia didaulat ayahnya untuk menyanyi di depan panggung, dan ia berhasil dalam show pertamanya.

Elvy menikah pada usia sangat muda (14 tahun) dengan pemuda keturunan Arab, Zaidun Zeth. Kariernya mulai menanjak pada awal tahun 1970-an, ketika menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama pada Orkes Melayu (OM) Soneta, meskipun sebelumnya ia telah populer di berbagai panggung.

Setelah berpisah dari Soneta (pada 1975), Elvy Sukaesih bersolo karier, dan tetap eksis dalam musik dangdut hingga sekarang. Ia dianggap sebagai salah satu penyanyi dangdut dengan kualitas suara terbaik. Oleh kalangan penggemar musik dangdut, ia dikenal dengan sebutan Ratu Dangdut Indonesia.

Setelah sukses sebagai penyanyi Dangdut, Elvy Sukaesih sempat merambah dunia film. Tercatat cukup banyak film nasional yang ia bintangi dalam karier sinemanya.

Bakat bernyanyinya diikuti oleh anaknya, bernama Fitria. Ia sempat populer sebagai penyanyi cilik pada tahun ‘80an-‘90an. Putri Fitria, Bella, pun sempat menjadi penyanyi cilik sekitar tahun 1997.

Selanjutnya, bakat beraktingnya diikuti oleh anak perempuannya yang lain, bernama Dhawiya. Ia dikenal dalam berbagai peran di sinetron yang bertajuk komedi, karena memiliki tubuh gemuk.

Baca juga: Daftar Lengkap Lagu-lagu Elvi Sukaesih 

Related

Celebrity 3881769989961321011

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item