Misteri Jerit dan Ratapan Mengerikan dari Kedalaman Bumi

Misteri Jerit dan Ratapan Mengerikan dari Kedalaman Bumi

Naviri.Org - Uni Soviet pernah menghadapi sesuatu yang misterius sekaligus mengerikan. Mereka melakukan pengeboran ke dalam inti bumi, hingga sejauh ribuan meter. Ketika sampai pada kedalaman itu, menggunakan peralatan yang canggih, mereka mendengar suara jerit dan ratapan yang memilukan dari kedalaman bumi.

Kisah ini terjadi pada masa perang dingin. Pada waktu itu, Amerika dan Uni Soviet bersaing dalam berbagai hal. Begitu pun dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain melakukan penelitian ke luar angkasa, kedua negara bersaing melakukan penelitian ke dalam pusat bumi.

Uni Soviet dapat mengungguli persaingan, dengan membuat proyek besar berlokasi di distrik Pechengsky, Kola, Rusia. Lubang itu diberi nama Kola Superdeep Borehole, dengan kedalaman mencapai 12.262 meter.

Rencananya, para ilmuwan akan membuat lubang sedalan 15.000 meter. Kenyataannya, pengeboran hanya sampai pada kedalaman 12.262 meter. Pengeboran dilakukan pada kurun waktu 24 tahun, antara tahun 1970-1994.

Meskipun dihentikan, pengeboran Kola mampu memecahkan rekor dunia sebagai lubang terdalam. Tidak ada seorang pun dimana pun yang mampu melakukan pengeboran sedalam itu.

Ada banyak penemuan penting yang didapat dari pengeboran Kola. Ilmuwan menemukan beragam fosil mikroskopis 24 spesies, berusia kurang lebih 2,7 miliar tahun, di kedalaman 6.700 meter. Juga ditemukan air di dalam bumi, yang berasal dari atom hidrogen dan oksigen yang berasal dari batu granit.

Hal itu membantah teori-teori yang menyebutkan bahwa lapisan dalam bumi terdiri dari lapisan-lapisan kering dan berbatu. Juga ditemukan helium, hydrogen, nitrogen, dan karbon dioksida.

Semakin dalam lubang yang digali, semakin panas suhu yang ditemukan. Suhu mencapai 180 derajat Celcius yang mengakibatkan kerusakan pada alat pengeboran. Para insinyur kemudian menurunkan sebuah mikropon pada lubang, kemudian terdengar jerit ratapan.

Banyak orang yang kemudian bertaubat, atau bahkan mengalami gangguan jiwa, setelah mendengar suara-suara misterius itu.

Proyek pengeboran terdalam pun dihentikan. Banyak spekulasi tentang penutupan proyek ini, ada pula yang mengatakan bahwa kekuatan gaib telah memblokir pengeboran.

Namun, yang pasti, proyek ini telah memberikan banyak kontribusi dalam dunia ilmu pengetahuan. Memberikan gambaran jelas tentang interior bumi. Kini, lubang terdalam itu pun disegel, dan belum pernah dibuka lagi hingga saat ini.

Baca juga: 5 Benda di Bumi yang Ternyata Berasal dari Surga

Related

Mistery 4138501978310938914

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item