Kasus-kasus Misterius yang Ditangani Sherlock Holmes

Kasus-kasus Misterius yang Ditangani Sherlock Holmes

Naviri.Org - Kasus-kasus yang ditangani Sherlock Holmes bervariasi, seperti pembunuhan maupun percobaan pembunuhan, pemerasan, pencurian, kehilangan, penipuan, penculikan, juga kasus-kasus ketika Holmes harus berjuang demi negaranya.

Pelaku kejahatan biasanya orang luar, bukan orang yang ada di sekitar korban yang dari awal cerita sudah muncul di arena penyelidikan. Kasus Holmes bisa dikatakan sebuah perburuan di ruang terbuka, dengan pelaku yang mungkin sudah kabur entah ke mana, bukan kasus yang sudah terkondisi di mana semua orang yang dicurigai telah ada di situ dan perang alibi segera bisa dilakukan.

Holmes harus memulai penyelidikan dari tempat kejadian, mengumpulkan informasi dan fakta-fakta, penelusuran jejak terhadap orang yang dicurigai, penyamaran dan lain-lain, bukan tiba-tiba semua sudah tersaji untuk diolah.

Dari awal cerita, alur fakta dan kesimpulan juga disajikan sebagai sesuatu yang pasti sebagai konsekuensi dari metode deduksi dan analisis.

Alur cerita pada umumnya dimulai dari permintaan untuk menyelesaikan suatu kasus, bisa lewat pos, telegram, atau orang yang datang. Fakta-fakta awal diketahui, pengamatan ke tempat kejadian, wawancara ke orang terkait, kesimpulan awal, melengkapi mata rantai yang hilang untuk merekonstruksi kasus, akhirnya kesimpulan kasus. Jalan ceritanya penuh energi, terukur, dan bersemangat, di samping menarik dan tidak membosankan.

Maju satu demi satu dengan berbagai fakta yang disajikan, baik fakta fisik maupun fakta interograsi/alibi dari orang-orang terkait. Dimulai dari tempat perkara, mengamati fakta-fakta yang ada, dan seringkali menemukan hal-hal yang orang biasa tidak bisa memahaminya sebagai sesuatu yang terkait dengan kasus.

Ketelitian pengamatan dan pengalaman yang banyak, ditambah pengetahuan yang luas, menjadikan Holmes bisa memilah dan menentukan fakta mana yang penting dan mana yang tidak penting atau sekadar tipuan. Setiap teorinya terarah dan bermetode, disajikan ke pembaca dengan pasti. Pembaca akan setuju pada fakta dan kesimpulan yang diambil pada akhirnya.

Baca juga: Kasus-kasus Pembunuhan yang Diungkap Hercule Poirot

Related

Books 9152015627849112831

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item